Serang-Keuskupan : Keluarga Mahasiswa Katolik(KMK) adalah sebuah organisasi berbentuk Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak di bidang kerohanian. Sejak pertama kali didirikan, KMK telah menjadi wadah bagi para mahasiswa yang beragama Katolik untuk melaksanakan kegiatan – kegiatan baik yang bersifat umum atau pun kerohanian. Begitu halnya dengan mahasiswa-mahasiswi Katolik di Paroki Kristus Raja-Serang yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Katolik Serang-Cilegon (KMK SC) dan terdiri dari beberapa Perguruan Tinggi di kota Serang dan Cilegon.

Rutinitas kegiatan KMK Serang – Cilegon adalah :

  1. Bidang Internal yaitu Menjenguk anggota yang sakit, melayat anggota/saudara anggota yang meninggal, memberi ucapan bagi anggota yang wisuda / menikah, Ikut serta dalam petugas tata tertib Gereja dan parkir, 1001 Kado dari KMK SC, ibadah (mingguan dan bulan-bulan khusus) dan share and care, little Easter, little Christmast and new year little party, doa online, retret KMK SC, acara senang-senang, penyambutan mahasiswa baru serta monitoring,
  2. Bidang sumber daya manusia yaitu Penjaringan mahasiswa baru, camping solidaritas KMK, monitoring kader, olahraga bersama serta nonton dan karaokean bersama,
  3. Bidang eksternal yaitu reuni alumni KMK SC, study banding serta kunjungan ke KMK luar.

 

Pada Rabu 27 September 2017 KMK Serang-Cilegon melaksanakan agenda tahunannya yaitu mengadakan acara penyambutan mahasiswa baru  dengan mengusung tema “Growing In Unity” (Ibrani 13:1). Kegiatan ini diharapkan agar dapat menumbuh kembangkan iman generasi muda-mudi Katolik, serta dapat mempererat tali persaudaraan sesama Mahasiswa Katolik khususnya dilingkup Serang dan Cilegon. Selain itu kegiatan  ini bersifat mengajak mahasiswa baru agar mengetahui bahwa berharganya mempunyai Keluarga Mahasiswa Katolik dan juga bertujuan untuk mengenalkan organisasi UKM Kerohanian Katolik KMK kepada para mahasiswa baru sebagai wadah untuk menyatukan Keluarga Mahasiswa Katolik se-Paroki Kristus Raja-Serang.

Acara ini diawali dengan misa pembuka yang dipersembahkanoleh RD. Paulus Pieterselaku Pastor Vikaris mahasiswa atau pastor yang menangani Gereja Mahasiswa di Keuskupan Bogor bersama RD. Yohanes Driyanto.

Dalam homilinya Romo Pieter yang baru diorbitkan oleh Romo Driyanto untuk mendampingi mahasiswa di Keuskupan Bogor ini mengharapkanagar KMK Serang – Cilegon akan menjadi wadah dan pemersatu bagi Mahasiswa Katolik di wilayah Serang-Cilegon dari keberagaman bahasa, suku, adat, budaya, angkatan dan perbedaan-perbedaan lainnya namun tetap satu dalam kasih Kristus.

Lebih lanjut Romo Pieter menekankan bahwa dalam ajaran gereja Katolik, ketika Yesus menegaskan identitasnya dan memilih para Rasul untuk  bertumbuh dan menciptakan komunitas yang hidup, maka hal yang sama juga bisa kita ikuti untuk menumbuhkembangkan iman kita sebagai orang Katolik yaitu (1) Makan bersama, (2) Doa bersama, (3) Bermain bersama dan (4) Bekerja sama.

Pada akhir homilinya romo Pieter menegaskan bahwa untuk membangun komunitas yang hidup maka kita tidak perlu bertindak sebagai hakim atau wasit bagi mereka yang pernah bersalah dalam kehidupan kita karena itu akan mematikan komunitas yang hidup. Semoga dengan kedatangan mahasiswa baru maka bisa mampu menunjukan identitas sebagai mahasiswa-mahasiswi Katolik yang bukan hanya datang ke gereja setiap Minggu tanpa melaksanakan apapun tetapi harus berpartisipasi aktif dalam kehidupan menggereja.

Menanggapi tentang kegiatan KMK di Paroki Kristus Raja – Serang, romo Pieter mengatakan bahwa meraka sangat aktif, seru juga berpartisipasi aktif dalam berbagai macam kegiatan sertamereka merelakan waktu untuk rapat pada Komisi Mahasiswa di Bogor. Hal ini menunjukan bahwa mereka mempunyai niatan dan juga melihat dirinya sebagai mahasiswa serta ingin hidup didalam Gereja Mahasiswa itu sendiri seraya menegaskan iman kekatolikan mereka. Harapan romo semoga mereka tinggal atau hidup sebagai mahasiswa dan harus mempersiapkan dan memberikan diri mereka secara terbuka untuk berpartisipasi aktif bersama dengan paroki itu sendiri  juga dalam kegiatan di Paroki misalnya Koor, TATIB atau apapun yang dibutuhkan oleh gereja.

Selaras dengan harapan dari romo, hal yang sama juga diungkapkan oleh ketua KMK-SC Paroki Kristus Raja – Serang Megawati Nainggolan. Beliau mengatakan bahwa alasan pemilihan tema “Drowing In Unty” pada acara penerimaan mahasiswa baru di KMK ini karena para mahasiswaberasal dari berbagai latar belakang, suku, asal yang dipertemukan di KMK dan bertumbuh dalam Komunitas yang satu dan merupakan komunitas yang hidup. Menurut megawati selain sebagi mahasiswa kami juga aktif dalam pelayanan di gereja dan sosia serta secara Rutin tiap bulan rapat ke Bogor untuk membahas kegiatan dan perkembangan KMK setiap daerah. Setelah perayaan Ekaristi acara dilanjutkan dengan ramah tama dan permainan games. ( KOMSOS Paroki Kristus Raja Serang )

 

 

 

 

 

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on TumblrDigg thisEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *