Aksi Adven Pembangunan 2014

Gereja Katolik mempunyai tradisi yang baik, sebelum menyambut peristiwa besar iman (Natal dan Paskah) selalu didahului dengan persiapan-persiapan (masa Adven dan Prapaskah). Dalam rangka menyambut Natal, yaitu kelahiran Tuhan Yesus, Gereja Katolik Keuskupan Bogor mengajak umat melakukan proses mawas diri dan kemudian melakukan tindakan konkrit sebagai wujud mengambil bagian dan solidaritas Kristus kepada umat manusia. Komisi PSE mempersiapkan bahan renungan/pendalaman iman yang dapat digunakan dalam pertemuan-pertemuan di lingkungan atau kelompok-kelompok kecil selama masa Adven, yang dimulai 30 November 2014.

Tema AAP 2014 : “Keluarga Menyongsong Sukacita Allah.” Tema tersebut dijabarkan dalam tiga kali pertemuan selama masa adven dan diakhiri dengan ibadat tobat:

  1. Kabar sukacita Allah (Lukas 1: 26 – 56).
  2. Kelahiran Yesus, wujud sukacita Allah (Lukas 2: 1 – 7).
  3. Keluarga menyambut Yesus (Lukas 2: 21 – 40).

Sejak tahun 2010 kita membuka masa adven dengan Vigili Adven, pada hari Sabtu Adven I. Rasanya baik kalau itu diteruskan untuk membantu umat beriman dalam memasuki masa adven ini. Bahan Vigili dapat menggunakan yang sudah ada.

Semoga memasuki dan melalui renungan masa adven ini, kita akan mampu menghayati hidup beriman, sehingga iman kita akan sungguh nyata dalam kehidupan sehari-hari di tengah suka duka dan aneka tantangan dalam kehidupan bermasyarakat.

Selamat mempersiapkan diri dan menjalani masa adven ini dengan baik, agar kita semakin giat untuk bekerja dalam terang kelahiran Yesus.

Komisi PSE Keuskupan Bogor

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *