Camp Pria Sejati Keuskupan Bogor

 

Dalam perkembangannya, Gereja memberikan perhatian Khusus bagi kelompok-kelompok kategorial pada pastoralnya: anak-anak dan remaja tergabung dalam (BIA dan BIR), Orang Muda Katolik (OMK), Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK), WKRI, LANSIA, dan masih banyak lagi. Sesuatu yang berbeda, pendampingan bagi para pria katolik. Gereja memberi perhatian khusus pula bagi mereka yang tergabung dalm Camp Pria Sejati Katolik.

Jejak CAMP PRIA SEJATI KATOLIK?

Camp PRIASEJATI KATOLIK atau Catholic Men’s Ministry (CMM) diadopsi dari CMN ( Christian Men’s Network) Amerika yang didirikan oleh Edwin Louis Cole th. 1977 sementara di Indonsia masuk th. 1997 dan diresmikan secara internasional th. 1999. Sampai saat ini kegiatan Camp Pria Sejati telah diselenggarakan dengan melibatkan lebih dari 1000 gereja di 29 propinsi dan ratusan ribu pria telah dipulihkan dan dampaknya ketika pria berubah maka seluruh keluargapun diberkati, “Beautiful Family beautiful Church”. Namun, CAMP PRIA SEJATI BUKANLAH milik GEREJA semata-mata, meskipun diselenggarakan oleh Gereja namun terbuka bagi setiap orang dari berbagai agama maupun aliran kepercayaan lainnya.

Pada akhir Januari 2014 dalam kesempatan Pertemuan Pembinaan Keluarga di Cilember Bogor, telah diperkenalkan untuk pertama kalinya pada Bapa Uskup Mgr. Paskalis Bruno Syukur (waktu itu belum ditahbiskan). Untuk kemudian dilanjutkan oleh teman-teman dari MBSB. Bapa Uskup tertarik dan memasukkan pria sejati sebagai bagian dari kegiatan Komisi keluarga Keuskupan Bogor. Puji Tuhan, mulai November 2014 CAMP PRIASEJATI KATOLIK sudah direstui oleh Bapa Uskup dan boleh diselenggarakan di Keuskupan Bogor dibawah Komisi Keluarga dengan berbasis di Gereja Katolik Paroki St. Bunda Maria Segala Bangsa (MBSB), Kota Wisata. RD. Ridwan Amo ditugaskan langsung untuk menjadi Pastor Moderator bagi Camp Pria Sejati di Keuskupan Bogor.

Apa itu CAMP PRIA SEJATI KATOLIK ?

Camp Pria Sejati Katolik semacam retret yang bertujuan untuk memberikan pengajaran kepada para pria, agar menjadi pria seperti yang (ditafsirkan) diajarkan oleh Kitab Suci serta diajarkan bagaimana membangun keluarga Katolik yang harmonis yang diberkati Tuhan. Camp ini berangkat dari suatu keprihatinan terhadap rapuhnya lembaga perkawinan Kristen akibat perkembangan teknologi dan sikularisasi yang kebablasan (tingginya angka perceraian, hubungan sex bebas antar jenis maupun sesama jenis dll) disamping kurangnya pemahaman para pria mengenai bagaimana membangun keluarga menurut Alkitab. Akibatnya banyak para pria kehilangan jati dirinya yang mengakibatkan keluarga tidak atau kurang harmonis.

BENGKEL PEMULIHAN KELUARGA

Retret ini beda dengan retret biasanya karena dalam retret ini Tuhan betul betul hadir dan dihadirkan ditengah ditengah tengah kita melalui lagu lagu pujian, kesaksian kesaksian , melalui pengajaran akan firmanNya sehingga kehadiran Tuhan nyata untuk memulihkan, menyembuhkan bagi seluruh peserta yang MEMBUKA DIRI DAN BERSERAH DIRI padaNya, mau bertobat, mau mengampuni, mau mendengar, mau melayani dan terutama MAU BERUBAH (Perubahan Bukanlah suatu perubahan sampai terjadi perubahan). Melalui retret ini peserta akan pulang dengan membawa berkat bagi keluarganya. Dalam bengkel ini Tuhan sendiri yang jadi montirnya dan para petugas, fasilitator, tim doa hanya pelayan pelayan-Nya.

SUATU GERAKAN ROH KUDUS

Kegiatan ini boleh dikatakan sebagai gerakan Roh Kudus karena tanpa kehadiran Tuhan Camp ini tidak berarti apa apa karena peperangan rohani dalam camp ini begitu nyata.. Dari berbagai pengalaman ternyata Tuhan hadir dengan tidak membeda bedakan agama, suku maupun warna kulit bahkan Tuhan tidak membeda bedakan WARNA TEOLOGI dari Gereja yang mengusungNya. Dalam Camp ini TUHAN HADIR DENGAN MENUNJUKKAN KASIHNYA YANG MAHA DAHSYAT.

Selamat mengikuti CAMP, Tuhan memberkati !!!

Camp Ke-2 Pria Sejati Katolik Keuskupan Bogor

24-26 April 2015 di Griya Dharma Wulan, Sentul – Bogor

Camp2 Bgr 400 copy 2

Testimoni Bapak Uskup Paskalis Bisa dilihat di https://www.youtube.com/watch?v=WseEwU_GfVQ

Edited By:

RD. Habel

13 thoughts on “Camp Pria Sejati Keuskupan Bogor

  1. Andi Janto Singgih says:

    Camp Pria Sejati Katolik memang camp yg tepat utk para PRIA yg mau menjaga dan panggilannya sebagai Suami dan Bapak yang bertanggung jawab dan memantapkan perannya sebagai Imam, Raja dan Nabi dalam Keluarga. Sayapun sudah mengikuti dan mengalami camp ini dan saya sekarang bersama beberapa teman alumni camp ini di Paroki malah “terjerumus” ke dalam pelayanan kegerakan PRIA ini melalui Komunitas Pria Katolik (KPK) Paroki St Helena. Dibawah SKK, KPK menjalankan “evangelisasi baru” pelayanan para Suami di Paroki St Helena. KPK menjadi wadah para Suami dan Bapak utk terus bertumbuh dan berbuah, tempat berbagi kesaksian pengalaman akan Tuhan yg membahagiakan dan menyelamatkan. Viva Camp Pria Sejati Katolik. Makin teruji dan terpuji menjadi prajurit Tuhan utk menyelamatkan PRIA Katolik. GBU.

  2. Polycarpus Soesanto says:

    Mohon pencerahan, mengapa Pria Sejati Katolik di Keuskupan Agung Jakarta berbeda dengan yang ada di Keuskupan Bogor? bahkan cenderung untuk saling “unggul diri”?

    • RD. Habel says:

      Selamat Sore Pak Polycarpus,
      Keuskupan Bogor juga baru memulai Karya pelayanan bagi Kaum Pria ini. Jadi masih belajar juga untuk menjadi lebih baik. KAJ punya cara yang pastinya berbeda dengan Keuskupan Bogor.
      Untuk semakin mengenal, silahkan ikut serta dalam Camp 2 Priskat keuskupan Bogor…

      Terima Kasih
      Salam
      RDHJ

    • andreas paulus farozi rusli says:

      Pak Polycarpus Soesanto

      Selamat sore, maaf baru lihat komentar Bpk.

      Awalnya saya mengikuti Camp Pria Sejati Katolik yg disingkat Priskat KAJ tapi di bawah komunitas Barnabas, Paroki Stella Maris, dan singkat cerita gerakan ini diterima Bpk Uskup Bogor sejak 2014, Pastor Moderator RD. JM Ridwan Amo, dititipkan ke Paroki MBSB untuk disebarkan di Keuskupan Bogor. Camp perdana Nov 2014, camp ke-2, 24-26 April 2015, diikuti oleh Bpk Uskup Paskalis full session, http://keuskupanbogor.org/pesona-priskat-panca-kesaksian-seorang-pria-sejati-katolik/ , next Camp-3, 2-4 Okt 2014, saya undang Bapak bisa ikut?,

      Camp ini memakai materi asli dari CMN, dan sama dengan materi yg dipakai di BPK Keuskupan Surabaya dan yg tersebar ke daerah timur Indonesia, seperti dijelaskan di atas ” Camp PRIA SEJATI KATOLIK atau Catholic Men’s Ministry (CMM) diadopsi dari CMN ( Christian Men’s Network) Amerika yang didirikan oleh Edwin Louis Cole thn. 1977 sementara di Indonesia masuk thn. 1997″

      Camp khusus Pria selama 3 hari 2 malam ini, masuk ke Katolik pertama kali sektar 12 tahun lalu, diterima Keuskupan Surabaya , di bawah kelompok Karismatik yg saat itu dipimpin oleh dr. Laurentius Suliadi (founding Pria Sejati Katolik), dari Surabaya berkembang kedaerah timur secara luar biasa, itu yg kami mengerti …

      Kalau yg Bapak maksud retret Pria Sejati Katolik (PSK) yang berada dibawah komunitas Gratia (KAJ), mereka juga sdh menghadap dan mendapat ijin dari Bpk Uskup Paskalis dan retret mereka 2 hari 1 malam di Sep 2015 ini kalau tak salah … mereka dititipkan ke Paroki Sentul, dibawah Pastor Paroki Romo Heru.

      Hormat kami

      Andreas Paulus Farozi Rusli
      (Koord CMM, Keuskupan Bogor)
      0818993787 / 089614577966

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *