Pasir Muncang- Keuskupan : Bumi ini adalah rumah kita bersama. Setiap makhluk hidup yang tinggal di dalam nya memerlukan tempat yang layak dan perlu kita jaga bersama. Lingkungan hidup yang saat ini dihuni manusia telah mengalami kerusakan akibat dari eksploitasi guna memenuhi kebutuhannya di dunia. Persoalan lingkungan hidup merupakan persoalan klasik yang sering kali kita dengungkan tanpa ada tindakan nyata. Biro Ekologi Keuskupan Bogor telah melakukan beberapa kegiatan guna memperbaiki lingkungan hidup ini. Salah satunya adalah bergerak bersama melalui generasi muda. Generasi muda yang dimaksud  adalah para mahasiswa, orang muda katolik. Tujuan adanya kegiatan ini adalah orang muda mengalami keindahan alam sebagai anugerah ciptaanTuhan, mengalami pertobatan ekologis serta memiliki kepedulian, terpanggil dan bertanggungjawab untuk lestarikan lingkungan hidup. Besar harapan setelah kegiatan ini dilaksanakan yaitu orang muda mengalami pertobatan ekologis serta terbentuknya komunitas ekologi mahasiswa dan orang muda.

Acara ini dilaksanakan pada tanggal 10 September 2017. Biro Ekologi Keuskupan Bogor bersama dengan beberapa mahasiswa, orang muda Keuskupan Bogor sejumlah 36 orang yang terdiri dari Universitas FKMK (D3 IPB), STIE KESATUAN, PANCASILA (SAKKA), KEMAKI (IPB, S1), STPI, Fak. Management Perhotelan, Atmajaya Jakarta ( Manajemen SDM, Ekonomi, Manajemen, Psikologi), STIE NIBA, Bina Nusantara (TeknikInformatika), UNJ, PakuanBogor. Mereka bersama-sama membangun semangat untuk menanamkan kecintaan mereka terhadap lingkungan hidup.

Kegiatan dimulai sejak pukul 07.30. Para peserta tiba di Rumah Retret Arca Domas, Pasir Muncang, Gadog. Kemudian, acara dilanjutkan dengan sarapan bersama, memperkenalkan apa itu Biro ekologi olehIbu Liza, pemberian materi tentang air dan udara oleh RP. Yulianus Enggo, CP, ibadat pembuka oleh Suster Irene SFS, pembibitan, pemupukan organik olehSr Marisa CB, Ibu Catri, Ibu Ita, pegawai. Penanaman dan pemeliharaan tanaman oleh Rm. Yulius CP/ Ibu Liza, Bu Prissi. Kemudian, mereka semua belajar dari alam, didampingi olehRm. Yulius,CP, RD. Piter, Sr. Magdalena FMM, Sr. Irene SFS, dilanjutkan dengan makan siang bersama di dalam hutan lindung Taman Nasional Gn. Gede-Pangrango, sharing kelompok, membentuk media komunikasi, evaluasi, rencana aksi, foto bersama, ditutup dengan Perayaan Ekaristi.
Terimakasih kepada panitia penyelenggara, khususnya Biro Ekologi Keuskupan Bogor bekerjasama dengan Gereja Mahasiswa Keuskupan Bogor yang menyelenggarakan acara ini dengan baik dan lancar. Semoga apa yang diharapkan dari kegiatan ini dapat terwujud dengan baik dan terus berkelanjutan. (RD. Paulus Piter)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on TumblrDigg thisEmail this to someone
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *