Hail Virgin Mary : Bunda Maria Pemersatu Kaum Muda

FullSizeRender 2  

Sebuah konser paduan suara yang megah dan indah, telah terselenggara pada hari Jumat, 15 Mei 2015 kemarin. Konser yang bertakjub “Hail Virgin Mary : Bunda Maria Pemersatu Kaum Muda” ini, merupakan sebuah konser yang dipersembahkan kepada Bunda Maria , dan juga untuk berbagi kasih dengan saudara – saudara di Seminari St. Yohanes Berkhmans Todabelu Mataloko, Flores , yang sedang menggalang dana untuk renovasi sarana dan prasarana yang diperlukan.

Konser Hail Virgin Mary , dibawakan oleh gabungan beberapa paduan suara sekolah – sekolah Katolik di Bogor, yakni SMA Regina Pacis Bogor, SMA Budi Mulia Bogor, SMA Mardi Yuana Bogor, SMA Grafika Bogor, SMK Baranang Siang Bogor, dan SMP Regina Pacis Bogor , dan dipimpin oleh Josse Gesiradja, atau yang sudah sering dikenal dengan panggilan “Bung Joss”. Selain itu, konser ini juga didukung oleh kehadiran bintang tamu, beberapa penyanyi terkenal yakni Christopher Abimanyu, Nita Lesmana, dan Michelle Audrey Chintanie , yang membuat konser ini semakin megah dan indah.

Konser ini dimulai pada pukul 18.30 , diawali dengan doa pembuka, juga sambutan dari RD. Yohanes Driyanto, dan Mgr. Mikael Cosmas Angkur yang sangat mendukung dan mengapresiasi acara ini . Setelah beberapa kata pembukaan dan sambutan, doa Rosario didaraskan. Ada sekitar 200 orang dari berbagai kalangan, yang hadir pada konser tersebut. Mereka dengan khidmat melantukan Ave Maria kepada Bunda Gereja melalui Rosario bersama. Dan setelah doa Rosario selesai , barulah lagu – lagu Maria yang indah dipersembahkan.

Dibagi dalam dua sessi, konser ini diselenggarakan. Pada sessi pertama terdapat beberapa lagu Ave Maria berbagai pencipta , seperti Ave Maria (Cantus Gregocianus, Anton Bruckner, Fr. Kanis Ceme SVD), serta Hymne Maria Bunda Kita (Ferdy Levi) yang dinyanyikan oleh paduan suara gabungan, juga beberapa lagu seperti Bogoroditse Dyevo (Sergei Rachmaninoff) dan Ave Maria (Giulio Caccini) yang dinyanyikan oleh bintang tamu Michelle Audrey, serta Ave Maria (Franz Schubert), dan I believe (Eric Levi) yang dibawakan oleh Christopher Abimanyu.

Setelahnya, acara diisi oleh Seminari Mataloko mengenai kilas pandang dan gambaran keadaan seminari , yang masih membutuhkan kasih dari saudara – saudari dalam Tuhan, untuk pembangunan dan kelancaran kegiatan di seminari tersebut. Karena kondisi yang cukup memprihatinkan, Seminari Mataloko harus melaksanakan renovasi yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karenanya, mereka mengharapkan dengan sangat dukungan, doa, dan partisipasi umat, agar berkenan berbagi kasih kepada saudara – saudara yang membutuhkan, terutama untuk Seminari Mataloko ini.

FullSizeRender
Christoper Abimanyu

Seusai pengenalan dari Seminari Mataloko tersebut, acara dilanjutkan dengan pembawaan lagu dari Nita Lesmana dan Christopher Abimanyu. Konser ini diperkirakan selesai pada pukul 20.30, namun ternyata pada sekitar pukul 22.00 , konser ini baru diakhiri. Namun demikian, acara tetap megah, indah , dan khusyuk. Para audiens dengan setia mendengarkan , dan para penyanyi membawakan dengan semangat. Lagu – lagu pada sessi kedua ini , antara lain adalah Ave Maria (R.A.J Soedjasmin), Ave Maria Angelus Domini (Franz Biebl) , Because We Believe (D.Foster), The Lord’s Prayer , Medley Maria, dan beberapa lagu dari W.A Mozart yakni Mater Amabilis, Ave Verum Corpus KV 618, dan Ave Maria KV 554 (Female Choir Version). Kemudian, konser ini ditutup dengan lagu Di Lourdes di Gua yang dinyanyikan bersama – sama dengan meriah.

Konser Hail Virgin Mary ini, berlangsung dengan sangat meriah. Para audiens yang hadir pun sangat mengapresiasi. Tak terkecuali bapak uskup emeritus, Mgr. Mikael Cosmas Angkur yang terlihat sangat senang dan bangga akan terselenggaranya konser ini. Sayangnya, bapak uskup Mgr. Paskalis Bruno Syukur, tidak dapat hadir , dan menyaksikan langsung acara konser ini karena berhalangan. Namun , ia sangat mendukung dan mengapresiasi agar terselenggaranya konser ini.

Beliau menitipkan pesan dan menyatakan bahwa konser yang berjudul “Hail Virgin Mary” ini, mengajak seluruh umat untuk berkidung dan bernyanyi tentang keindahan kasih Tuhan dalam kehidupan setiap manusia, menjadi seniman – seniman Tuhan Yesus, juga sebagai bentuk solidaritas para siswa yang mempersembahkan konser ini, dan semua umat yang telah berpartisipasi untuk pembangunan Seminari Mataloko.

Berkat penyelenggaraan dan kasih dari Allah Bapa , akhirnya konser ini berjalan dengan lancar. Pihak penyelenggara dan juga peserta konser pun merasa sangat senang dapat mempersembahkan yang terbaik kepada Tuhan, Bunda Maria, Gereja, dan seluruh pihak yang telah mendukung acara ini, sehingga pada akhirnya konser ini berjalan dengan baik dan lancar. Persiapan yang telah mereka jalani sejak bulan Januari 2015, membuahkan hasil yang memuaskan. Semoga, konser “Hail Virgin Mary” ini dapat berkenan di hati Bunda Maria, serta dapat membawa sukacita dan damai bagi Gereja dan semua orang. Magnificat Anima Mea Dominum!

(Maria Yashinta Putri Kumalasari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *