Iman Tahan Banting

Renungan Harian
Kamis, 14 Februari 2019

PW. St. Sirilus, Rahib, dan St. Metodius, Uskup
Bacaan : Kej 2: 18-25, Markus 7 : 24-30

 

Berharaplah pada orang yang tepat diharapkan. Salah berharap akan menimbulkan rasa kecewa dan sakit hati. Seorang ibu berkebangsaan Siro Fenisia datang kepada Yesus, tersungkur dan berharap kepada Yesus. Ia berjuang agar anaknya yang kerasukan setan mendapat kesembuhan dari Yesus. Datang sebagai orang asing kepada Yesus tetapi kasih Yesus tidak pernah mengasingkan orang.

Sikap yang tidak biasanya terjadi pada Yesus yaitu kesegeraan. Dalam kisah penyembuhan ini Yesus tidak menyampaikan secara langsung kepada itu tersebut “saat ini juga sembuhlah anakmu”. Yesus malah memberikan sebuah perumpaan (percakapan). Sikap tahan uji dan jawaban penuh kerendahan hati Sang Ibu menunjukkan sikap “tahu diri” di hadapan Yesus.

Demikianlah kita pun diajak untuk memiliki sikap iman tahan banting dan tahu diri dihadapan Allah. Ada banyak orang mogok ke gereja dan melayani karena tidak siap menerima hal-hal yang kala menguji iman dan hati. Sakit hati dengan imamnya, orang pindah gereja; sakit hati dengan pelayanan di lingkungan dan wilayah orang pun bisa pindah imannya. Semoga iman kita dibentuk menjadi semakin tahan banting tanpa kehilangan harapan bahwa karya Allah selalu bekerja bagi mereka yang berharap dan berjuang kepada-Nya.

Tuhan ajarlah aku tahan uji dalam kesetiaan dan perjuangan imanku selalu. Amin

Penulis : RD David

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.