Istirahat agar Semangat

Renungan Harian 

Sabtu, 9 Februari 2019
HR St. Apolonia, Paulinus Aquileia

Bacaan : Ibr 13:15-17.20-21, Mrk 6:30-34

 

Bagi kaum profesional atau pekerja, akhir pekan merupakan masa yang dinantikan. Ketika di hari Jumat, pikirannya sudah tidak fokus penuh pada pekerjaan. Emosi dan pikirannya sudah merancang aktivitas liburan akhir pekan untuk refreshing dari kejenuhan tugas pekerjaan, pelayanan, atau masalah-masalah yang mungkin ada, dll.

Setiap kita pasti membutuhkan waktu untuk istirahat, bukan? Terlalu memforsir diri untuk pekerjaan atau pencapaian target-target yang sangat kuantitatif juga tidak baik. Tubuh fisik dan pikiran (mental) harus diajak beristirahat sejenak. Termasuk juga rohani kita. Kelelahan membuat kita “burn out”, yaitu tidak bisa fokus, mudah emosional, gampang emosi, semangat kendor bahkan sakit. Kalau sudah kondisi demikian tentu saja mengakibatkan pekerjaan, pelayanan, relasi dengan pasangan atau anggota keluarga dan sesamanya jadi tidak harmonis.

Kita harus peka atau peduli dengan kebutuhan keseimbangan hidup jasmani, mental dan rohani. Yesus pun peduli akan hal demikian dan selalu meluangkan waktu sejenak untuk istirahat. Dari bacaan Injil hari ini kita tahu bahwa setelah menjalankan tugas perutusan, Yesus pun mengajak para murid untuk beristirahat sejenak. Ajakan untuk istirahat bersamaNya itu juga ditujukan bagi kita. Tujuan bersamaNya agar kita semakin mengenalNya, relasi kita semakin intim denganNya. Dengan beristirahat bersamaNya, kita akan semakin mengerti makna ajaranNya dan kebutuhan jasmani rohani kita dicukupiNya, terutama kecukupan kemampuan untuk melaksanakan kehendakNya . Selamat berakhir pekan.

Ya Yesus, terima kasih Engkau mengajakku untuk sejenak beristirahat bersamaMu. Amin

Penulis : Antonius Purbiatmadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.