“Kaum Muda Terpanggil Untuk Melayani”

IMG_2936

Sabtu, 30 Mei 2015, pukul 17.30 WIB, di Gereja Paroki Santo Markus, Depok Timur; diadakan misa kaum muda dan Talkshow dengan tema “Kaum Muda Terpanggil Untuk Melayani” Nampak yang hadir disana sekelompok Orang Muda Katolik perwakilan dari 6 Paroki se-Dekanat Utara Keuskupan Bogor berbaur merayakan Ekaristi bersama umat Paroki St. Markus. Ekaristi yang dipimpin oleh RD. Yohanes Driyanto dan didampingi oleh: RD. Antonius Dwi Haryanto (Pastor-paroki St. Markus), RD. Habel Jadera (Komisi Kepemudaan Keuskupan Bogor), RD. Yustinus Joned (Komisi Komsos Keuskupan Bogor), dan RP. Anton Sahat Manurung, OFM.

1433383364402

Ekaristi Perayaan Hari Raya Tritunggal Mahakudus ini berlangsung khidmat, meskipun dalam pengantar dan homilinya, RD. Driyanto memberikan candaan khasnya sehingga berkali-kali umat dibuat tertawa segar. Penjelasan mengenai Allah Tritunggal diramu dengan cerita pengalaman dari berbagai pertanyaan yang ditanyakan kepada beliau dan mengarah pada jawaban ringan yang memudahkan umat untuk menangkap uraiannya. Berkali-kali beliau juga menekankan soal keberanian untuk “Percaya dan Setia” sebagai modal atas jawaban dari Allah yang selalu mencintai dan mengasihi.

Sebelum akhir Perayaan Ekaristi, RD. Anton memberikan sambutan. Beliau mengapresiasi kegiatan ini, dan berharap kepada semua yang hadir secara khusus mampu menjadi pendorong dan semangat bagi rekan yang lain. Beliau juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada paroki-paroki yang mengirimkan utusannya, serta para imam yang hadir dalam perayaan tersebut.

1433383370154

Setelah Ekaristi, kegiatan dilanjutkan dengan Talkshow dan pentas seni di aula paroki. Kemasan Talkshow yang dirancang seperti dalam acara “Ini Talkshow” di salah satu siaran televisi ini membuat acara tidak kering dan membosankan. Sebagai tamu talkshow, dihadirkan RD. Driyanto dan Salah satu aktor antagonis sinetron Indonesia Fairly Wattimena (Eyi) yang juga merupakan umat di paroki tersebut. Sehubungan dengan pertanyaan mengapa kaum muda harus melayani? Dengan penuh canda, RD. Driyanto memaparkan:” bahwa ada peran tertentu yang sepertinya sudah dirancang oleh Allah dan itu harus dijalankan oleh kaum muda yang mungkin tidak bisa dilakukan oleh orang lain; maka ketika kita sekarang ada disini, sebenarnya memang dalam rangka rangcangan Allah itu”. Lebih lanjut beliau menjelaskan: “karena manusia diciptakan, maka dia hidup dan memiliki peran untuk melayani sehingga ada pekerjaan tertentu yang harus diselesaikan. Pada prinsipnya, karena manusia itu ‘homo socius’, maka ada keinginan mendasar darinya untuk bisa melayani sebab ia hidup bersama orang lain.” RD. Driyanto menganjurkan kepada kaum muda untuk bisa memiliki keseimbangan dalam mempersiapkan masa depannya. Pendidikan sangat penting, tetapi penting juga bersosialisasi dengan teman-temannya sebagai ajang belajar dan membiasakan diri hidup bersama sesamanya sebagai bekal menyiapkan mental menghadapi dunia kerja yang pastinya berhubungan dan berhadapan dengan orang lain juga.IMG_2926

 

 

Sedangkan Bang Eyi membagikan pengalamannya selama dahulu belum menjadi bagian dalam gemerlapnya dunia artis. Ia sebenarnya merindukan bisa menyanyi lagi bersama teman-teman muda yang tergabung dalam koor sehingga bisa melayani dalam Perayaan Ekaristi. Beliau mengajak Kaum Muda untuk tidak melupakan dan menyia-nyiakan orang tua, semaksimal mungkin, kita harus mampu melayani orang tua. Janganlah pengalamannya bersama ibunya juga dialami oleh kaum muda yang lain, karena itu sangat menyakitkan. Selain itu, Bang Eyi mendorong kaum muda untuk menjauhi Narkoba, karena itu akan menghandurkan hidup dan masa depan.

Disela-sela Talkshow, perwakilan paroki menyumbangkan atraksi-atraksi pentas seni yang sangat menghibur. Talkshow dan Pentas seni ditutup denga pembagian hadiah, kenang-kenangan dan penampilan ‘flashmob’ dari paroki St. Thomas, Kelapa Dua Depok yang memancing OMK yang lain untuk bergoyang bersama. “Marilah OMK, menghadirkan berkat bagi sesama di sekitar kita”.

joned

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on TumblrDigg thisEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *