Kebhinekaan yang Terwujud Dalam Perayaan Natal Bersama Kota Bogor

Bogor-Keuskupan : Sungguh Indonesia! Itulah suasana yang tergambar dalam Perayaan Natal Bersama Aparatur Sipil Negara, TNI, POLRI serta Umat Kristiani Kota Bogor. Meskipun perayaan ini adalah perayaan bagi para Umat Kristiani, namun sejatinya perayaan ini ditujukan untuk merayakan kebhinekaan, khususnya di Kota Bogor.

Nuansa Indonesia yang tampak dalam perayaan yang diadakan pada hari Jumat (19/1/2018) di GOR Pajajaran, Kota Bogor ini, memang sengaja ditonjolkan. “Karena kebhinekaan itu anugerah, kebhinekaan itu indah, dengan kebhinekaan kita dapat bahagia.” Ujar Samson Purba selaku Ketua Umum Perayaan Natal Bersama Kota Bogor Ini.

Perayaan Natal diawali dengan Ibadat Oikumene yang dipersembahkan oleh RD Jeremias Uskono (Romo Jeremi) dan Pdt Darwin Darmawan ini, berjalan dengan hikmat dan aman. Dalam homilinya, Romo Jeremi mengatakan bahwa untuk menghidupi terang Kristus, hal yang pertama dilakukan adalah membaca Kitab Suci. Ketika membaca Kitab Suci, Sabda Tuhan akan sungguh menerangi hati dan pikiran kita.

Bima Arya Sugiharto, selaku Walikota Bogor pun tampak hadir setelah ibadat usai, Ia menyampaikan bahwa potret keberagaman Indonesia tampak pada Perayaan Natal Kota Bogor yang bertemakan “Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memerintah dalam Hatimu” malam itu. Dalam sambutannya, Ia berharap agar Umat Kristiani Kota Bogor dapat menjadi terang dalam merawat dan menjaga kebhinekaan di Kota Bogor.

“Jangan lelah bekerja di ladang Tuhan,” Demikian penekanan tegas Mgr. Paskalis Bruno Syukur dalam sambutan singkatnya. Beliau menghimbau agar seluruh umat beragama mengutamakan persatuan dengan kasih dan damai.

Suasana hangat dan akrab tampak ketika Uskup Keuskupan Bogor, Para Pastor Keuskupan Bogor, para Pendeta dan Walikota Bogor saling bercengkerama bersama menikmati pertunjukan yang dipersembahkan, seperti orchestra, paduan suara, theater dan musik angklung.

Akhir kata, mengutip sub tema dari Perayaan Natal ini yaitu “Memang Dahulu Kamu Adalah Kegelapan, Tetapi Sekarang Kamu Adalah Terang Di Dalam Tuhan. Sebab Itu Hiduplah Sebagai Anak-Anak Terang. Karena Terang Hanya Berbuahkan Kebaikan, Keadilan dan Kebenaran,” hendaknya sebagai Umat Kristiani, kita mampu menjadi anak-anak terang yang menghidupi keberagaman di Kota Bogor dengan kebaikan, keadilan,kebenaran dan menjaga kebhinekaan sebagai warisan yang kelak akan kita wariskan kepada anak-cucu kita nanti. (Mar./red.)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.