Kuasi Paroki Bunda Maria Ratu Sukatani Gelar Misa Imlek dan Sambut RD Puryatno

Sukatani – keuskupanbogor.org : “Kita merayakan syukur atas berkat Tuhan dalam Imlek ini sekaligus merayakan kebhinekaan. Bersama Santa Agatha yang hidupnya dibaktikan bagi Allah, kita pun hendak belajar untuk menjadi pribadi yang setia pada Allah”. Demikianlah RD Dionysius (Pastor Paroki St Thomas) memberikan pengantar dalam Misa nuansa Imlek di Kuasi Paroki Bunda Maria Ratu, Sukatani. Misa yang digelar Pkl. 08.00 ini dihadiri sekitar 300 umat kuasi paroki BMR dari segala suku bangsa di Indonesia. Inilah perayaan kebhinnekaan. Dekorasi ala imlek pun dihadirkan dalam gereja seperti nuansa warna merah yang dominan (sesuai juga warna liturgi hari ini),  hiasan lampion, pohon angpao, musik liturgi nuansa Tionghoa, dilengkapi dengan pemberian angpao setelah misa bagi anak-anak dan jeruk bagi orang dewasa. Misa ini dirayakan secara konselebrasi bersama tiga imam lainnya yaitu RD David, RD Nanang dan RD Puryatno.

Umat rayakan Masa Imlek di Kuasi Paroki BMR, Selasa (5/02/2019). (Foto : RD David)

Dalam homilinya, RD David mengajak seluruh umat untuk memaknai Imlek sebagai peristiwa hidup lebih taat dan pasrah pada kehendak Allah. “Imlek ini kita minta apalagi”, tanya RD David pada umat yang serempak dijawab “Angpao, Mo”. “Hidup kita ini dicukupkan oleh Allah seperti halnya dalam doa Bapa Kami. Jadi orang Katolik itu tidak dipanggil untuk sukses dan kaya tetapi dipanggil untuk setia”, jelas RD David. Seiring perikop Injil Markus terkait kisah penyembuhan anak Yairus dan seorang wanita yang pendarahan, RD David menjelaskan sebuah sikap percaya dan usaha keras tetap fokus dan pasrah pada kuasa Allah.

RD Puryatno dalam perkenalan keakraban di Kuasi Paroki BMR usai Misa Imlek. (Foto : RD David)

Setelah selesai Misa, acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan penyambutan sederhana terhadap RD Tarcisius Puryatno. Beliau imam dari Keuskupan Purwokerto yang sedang belajar melayani umat di Keuskupan Bogor dengan penempatan tugas di Paroki Santo Thomas, Kelapa Dua. Suasana akrab penuh kekeluargaan tercipta manakala acara makan bersama digelar di Saung BMR dilengkapi dengan doorprize Angpao bagi umat. Selamat merayakan Imlek bagi semua saudara yang merayakannya. Tuhan memberkati.

One thought on “Kuasi Paroki Bunda Maria Ratu Sukatani Gelar Misa Imlek dan Sambut RD Puryatno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.