Lewur-Keuskupan : Perjalanan selama 3 jam yang ditempuh dari Labuan Bajo menuju kampung Lewur dengan menggunakan mobil yang sesuai dengan medannya (13/7/2017). Sesampai di Lewur, rombongan Imam Keuskupan Bogor diterima secara adat setempat. Diterima langsung oleh Mgr Emeritus Michael Cosmas Angkur. Dengan diberikan seekor ayam dan 1 botol bir sebagai tradisi tanda penyambutan tamu di rumah. Beda dengan penyambutan secara massal yang lebih dikenal dengan nama tradisi Caci yang biasa dilakukan sekitar 2 hari lamanya.

Tradisi adat Caci ini digambarkan sebagai perang sejak dahulu leluhur desa setempat. Namun saat ini digunakan untuk penyambutan tamu istimewa yang datang ke kampung tersebut.

Para Imam dan Mgr Emeritus Michael Cosmas Angkur didampingi oleh Bupati Manggarai Barat, Bapak Agustinus Dulah, Mantan Bupati Manggarai Barat Fidelis Pranda turut menyaksikan acara adat Caci itu. (KOMSOS Keuskupan Bogor)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on TumblrDigg thisEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *