“…Persiapkanlah jalan bagi Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya.”
(Lukas 3:4)

Umat yang terkasih, masa Adven adalah masa penantian yang penuh sukacita dan harapan. Berbagai persiapan material biasanya selalu kita lakukan untuk merayakan kedatangan Kristus ke dunia, misalnya mendekorasi rumah, berlatih paduan suara di gereja, atau membeli hadiah untuk orang-orang terkasih. Namun di samping semua hal itu, sudah seharusnya pula sebagai umat Allah kita mempersiapkan diri secara spiritual. Persiapan spiritual yang terbaik, salah satunya bisa kita lakukan dengan lebih sering menerima Sakramen Ekaristi dan juga Sakramen Tobat.

Sakramen Ekaristi menyadarkan kita akan kasih Allah yang memberikan Putera-Nya untuk bersatu dengan kita, yang dimulai dengan peristiwa Inkarnasi. Sakramen Tobat menyadarkan kita bahwa kita sebenarnya tidak layak menyambut Kristus karena dosa-dosa kita, namun Kristus datang ke dunia untuk menyelamatkan kita dari belenggu dosa. Masa Adven adalah waktu yang tepat untuk terus bertekun dalam doa-doa pribadi dan membaca Kitab Suci. Sungguh baik kalau kita dapat mengikuti bacaan Kitab Suci mengikuti kalender Gereja, karena bacaan-bacaan telah disusun sedemikian rupa untuk mempersiapkan kita menyambut Sang Mesias.

Saat ini pun paroki-paroki di Keuskupan Bogor menyelenggarakan penerimaan Sakramen Tobat. Penerimaan sakramen ini tentunya dapat diikuti oleh semua umat supaya layak menyambut Kristus yang datang untuk menyelamatkan kita dari maut dan dosa. Mari kita berbondong-bondong memenuhi gereja –tak hanya untuk ikut serta dalam hiruk-pikuk persiapan acara Natal, tapi juga untuk membawa segala kelemahan diri kita ke hadapan Kristus yang datang dan menebus kita, yakni melalui pengakuan dosa.

Immanuel, Tuhan Memberkati.

(red)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on TumblrDigg thisEmail this to someone
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *