PAROKI IGNASIUS LOYOLA SEMPLAK BOGOR

PASTOR PAROKI:   RD. ANTONIUS DWI HARYANTO
Alamat:  Jl. Raya Semplak Komplek TNIAU Lanud Atang Sendjaja Blok C Bogor Barat 16310
Berdiri:  1 AGUSTUS 2015

website: www.parokiiglosb.esy.es

SEJARAH

Sejak tahun 1960 an telah ada keluarga-keluarga katolik di lingkungan TNI Angkatan Udara.

Namun pada tahun 1964 baru mulai terorganisir kelompok Nasrani (katolik dan Protestan) terdiri dari warga Katolik +60 orang dan warga Protestan +/- 75 orang.

Pada penghujung tahun 1969 umat Nasrani mulai mengadakan Perayaan Natal Bersama (Oikoumene) yang kemudian menggugah umat Nasrani dan pemimpin Pangkalan Udara Atang Senjaya untuk menghadirkan rumah ibadah bagi umat Nasrani.  Dan tanggal 1 Januari 1970 terwujudlah pembangunan gereja bagi umat Nasrani yang berada di kompleks pangkalan Udara Atang Senjaya, Semplak–Bogor.   Tahun 1974 mulai dilaksanakan pembangunan gedung Oikoumene, dan tahun 1977 gedung gereja tersebut difungsikan sebagai Kapel Santo Petrus (bagi umat Katolik) yang di berkati Bapa Uskup Bogor Mgr. Ignatius Harsono Pr, dan Pendeta J. Hukom, S.Th yang diberi nama pelindung Santo Petrus bagi umat Katolik dan Sola Gratia bagi umat Protestan.

Umat Katolik di wilayah St. Petrus terus bertambah dan pada tahun 2005 pengurus wilayah mengajukan permohonan pembangunan gedung Gereja Katolik.   Permohonan pendirian tempat ibadah di Lanud Atang Senjaya direspon dengan baik oleh Komandan Pangkalan Udara Atang Senjaya dan di fasilitasi hingga keluarnya surat keputusan dari Kepala Staf TNI Angkatan Udara.

8 September 2006 diresmikan penggunaannya pertama kali oleh Komandan Pangkalan Udara Atang Senjaya –Marsekal Pertama Ign. Basuki dan diberkati oleh Bapa Uskup Michael Cosmas Angkur. OFM yang diberi nama pelindung SANTO IGNATIUS LOYOLA.  Wilayah St. Petrus Semplak menjadi sebuah Stasi.

Dengan perkembangannya yang sangat pesat dan partisipasi umat yang semakin meningkat, Uskup Bogor mendorong agar Semplak menjadi sebuah Paroki, dan dibentuklah Tim Kerja Persiapan Pembentukan Paroki St. Ignatius Loyola –Semplak.    Stasi Semplak pun mulai menunjukkan diri sebagai sebuah paroki dengan adanya beberapa pelayanan Sakramen Pembaptisan bayi dan Sakramen Perkawinan yang awalnya harus di gereja induk, kini telah dipercayakan oleh Pastor Paroki Katedral untuk dapat dilayani di Semplak.

Dengan mulai difungsikannya sekretariat dan di aktifkannya kegiatan-kegiatan lain layaknya di sebuah paroki, maka pada hari Sabtu 1 AGUSTUS 2015, Stasi Ignatius Loyola Semplak dikukuhkan menjadi Paroki.   Sebuah Paroki baru di wilayah Keuskupan Bogor dengan nama pelindung Santo Ignatius Loyola.

Pastor yang membidani kelahiran Paroki St. Ignatius Loyola Semplak Bogor adalah RD. YM. RIDWAN AMO.

Tepat pada ulang tahun pertama Paroki St. Igntius loyola Sempak Bogor, paroki STIGLOS mendapat pastor paroki baru yaitu RD. ANTONIUS DWI HARYANTO yang sebelumnya melakukan pelayanan di paroki St.Markus Depok Timur , sementara Pastor RD.YM.RIDWAN AMO mendapat penugasan khusus baru di Keuskupan Bogor.

Sumber: http://parokiiglosb.esy.es/tentang/

1,810 total views, 4 views today

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on TumblrDigg thisEmail this to someone