Kegiatan Indonesian Youth Day 2016 Manado telah resmi ditutup pada hari Kamis, 6 Oktober 2016. Banyak hal didapatkan peserta IYD sebagai bekal perjalanan rohani mereka menjadi pewarta sukacita Injil. Di bawah ini akan diuraikan Rangkuman, Kesan, dan Pesan dari Mgr. Pius Riana Prabdi (Ketua Komisi Kepemudaan KWI), RD. Antonius Haryanto (Sekretaris Eksekutif Komisi Kepemudaan KWI), dan Mgr. Paskalis Bruno Syukur (Uskup Bogor), dari pantauan langsung mereka selama IYD 2016 Manado.

 

Mgr. Pius Riana Prabdi: Rangkuman Singkat

img_9740Perjumpaan orang-orang muda se-Indonesia atau IYD ini adalah proses perjumpaan yang diawali dengan live in, mengalami kehidupan secara nyata, bagaimana gereja yang hidup di masyarakat atau di tengah paroki dialami dari macam-macam segi dari hidup bersama dengan yang berbeda budaya, agama, dan bahasa. Pengalaman perjumpaan ini kemudian diterangi dengan pendalaman iman dalam katakese, sehingga orang muda menemukan bahwa disana sukacita perjumpaan itu berpusat pada Kristus sendiri, lalu mengubah aliran air itu masuk ke tempat utama dengan proses pemurnian, penjernihan, dan rekonsiliasi, lalu akhirnya menjadi anggur. Orang muda siap diubah dan kemudian pada gilirannya mengubah lingkungannya, mengubah dunia untuk semakin menjadi gereja yang hidup.

 

RD. Antonius Haryanto: Pesan Bagi OMK

Untuk orang muda yang masih takut-takut; jadilah orang muda yang berani untuk mewartakan. Untuk mereka yang sudah berani, bagikan apa yang sudah didapatkan dalam pertemuan di Manado kepada teman-teman lain yang tidak bisa ikut ambil bagian disini, sehingga akhirnya bisa mendukung terwujudnya gereja yang makin hidup, ceria, dan penuh sukacita.

 

Mgr. Paskalis Bruno Syukur: Kesan dan Pesan

img_9791Saya melihat dengan perayaan ini kelihatan bahwa Orang Muda Katolik di IYD ini memang sungguh-sungguh menghayati tema “OMK Sukacita Injil”. Dari pengalaman kegiatan beberapa hari ini terlihat sekali bahwa OMK kita bersukacita karena mereka mengalami perjumpaan dengan teman-temannya dan Kristus sendiri melalui perjumpaan dengan orang-orang yang ada di IYD ini.

OMK kita adalah OMK yang mengenal kehidupan bermasyarakat dalam artian budaya yang mereka tampilkan adalah hasil dari keterlibatan mereka dengan budaya setempat dan mereka sadari sebagai kekayaan budaya mereka masing-masing. Ini adalah panggilan OMK, untuk mengangkat kekayaan budaya setempat dan itu kemudian diinjili dengan cara khas orang muda yang telah dibaptis dalam Kristus.

Saya berharap setelah mereka kembali dari kegiatan ini, mereka akan menjadi orang muda yang terus-menerus bersukacita mewartakan Injil kepada orang lain, dan mereka sendiri menjadi OMK yang berani menyatakan iman mereka akan Yesus Kristus. Jika mereka sungguh berani mengimani Yesus, mereka dapat memberikan sumbangan yang berarti bagi masyarakat.

Orang muda, jadilah Orang Muda Katolik yang berani mewarkan Kristus, yakin dengan pilihannya menjadi anggota Gereja Katolik dan setia terus hidup sebagai orang katolik. Peganglah semboyan IYD 2016 : “Injil di dadaku, Kristus di hidupku”. Sebagai misionaris gereja, orang muda tetaplah bertahan di dalam gereja. Kalau gereja katolik ada kekurangan dan kelemahannya, silahkan turut serta memperbaikinya. Jika kalian menemukan yang baik di dalamnya, kembangkanlah apa yang baik itu.

Untuk keluarga-keluarga di Keuskupan Bogor, Saya berharap bahwa Anda sekalian menantikan orang muda kita sebagai anggota gereja yang mempunyai tekat untuk mengembangkan gereja kita. Saya berharap bahwa orang tua mendukung kegiatan-kegiatan orang muda, karena dalam diri merekalah masa depan gereja dan terutama masa kini gereja kita bergantung. Orang tua bantulah proses regenerasi dalam kehidupan menggereja kita. Berilah peran yang positif kepada anak-anak muda kita di Keuskupan Bogor; karena dalam arti itulah orang tua dan orang muda berjalan bersama mewartakan Kristus sebagai sukacita Injil. (RD. Y. Joned S)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on TumblrDigg thisEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *