Mgr Paskalis “Kebaikan Tidak Mengenal Usia Lanjut”, Temu Lansia Dekanat Utara

Kelapa Dua – keuskupanbogor.org : Acara dimulai Pkl.09.00 akan tetapi Pkl. 07.30 satu rombongan yang menggunakan bis sudah tiba di halaman Gereja Paroki Santo Thomas Mako Brimob Kelapa Dua. Begitulah antusiasme para lansia yang datang untuk merayakan Misa Paguyuban Lansia Simeon Hana, Dekanat Utara (rabu, 6/02/2019). Mereka datang dari paroki-paroki dan kuasi paroki yang ada di dekanat utara. Dengan menggunakan liturgi Pesta Yesus Dipersembahkan di Bait Allah, para lansia yang penuh semangat ini memenuhi Gereja Santo Thomas.

Mgr Paskalis, para imam, dan petugas liturgi lainnya berfoto usai Misa Lansia Dekanat Utara di Gereja St. Thomas, Kelapa Dua (rabu, 06/02/2019). (Foto : Rani)

Mgr Paskalis (Uskup Bogor) hadir mempersembahkan misa didampingi oleh dua imam sebagai selebran utama : RD Dionysius (Pastor Paroki St. Thomas Kelapa Dua) dan RD. Puryatno. Hadir pula imam lainnya sebagai selebran yaitu RD David, RD Nanang, RD Tri Harjono, RP Alfons, OFM, RD Gregorius, RD Wahyu, dan RP Bartolomeus Jandu OFM.  Dengan tema “Menata Diri Kala Usia Senja Dalam Sukacita Injil” menjadi semangat yang hendak dihidupkan dalam perayaan dan pertemuan ini.

Dalam homilinya, Mgr Paskalis mengajak para lansia untuk tetap berbuat baik dengan keteladanan Simeon dan Hana. Simeon dan Hana Adalah dua pribadi yang merindukan Mesias. Tatkala Yesus dipersembahkan di Bait Allah, Simeon dan Hana merupakan dua orang pribadi yang hidupnya diabdikan untuk Tuhan. “Orang yang hidupnya diabdikan untuk Tuhan, efeknya adalah orang itu ingin terus berbuat baik. Sampai tua harus mempunyai kerinduan akan Tuhan; bertahan dalam iman pada Yesus”, jelas Mgr Paskalis. “Paus Fransiskus sudah tua tetapi masih bersemangat mewartakan Injil Tuhan seperti dalam kunjungannya saat ini ke Uni Emirat Arab”, Mgr Paskalis mencontohkan.

Semangat dan sukacita. Salah satu tampilan hiburan dari Lansia untuk Lansia di Aula St. Thomas, Kelapa Dua. (Foto : Rani)

Mgr Paskalis mengajak agar para lansia hendaknya turut serta mengajar anak cucu untuk berbuat baik. “Kebaikan tidak mengenal usia lanjut”, jelas beliau. Usai perayaan, acara dilanjutkan dengan ramah tamah di Aula Gereja Santo Thomas. Aula pun bahkan tak dapat menampung semua lansia untuk bisa masuk ke dalam ruangan. Acara hiburan dari para lansia dan makan siang bersama menjadi pamungkas dari rangkaian ini. Anastasia Yulistia (Ketua Lansia Dekanat Utara) menyampaikan rasa terima kasihnya karena acara ini bisa dihadiri Bapa Uskup, para imam dan para lansia Dekenat Utara tentunya.

Penulis : RD David

One thought on “Mgr Paskalis “Kebaikan Tidak Mengenal Usia Lanjut”, Temu Lansia Dekanat Utara

  1. Lucia says:

    Terima kasih untuk Panitia Pelaksana Perayaan Pesta Nama Lansia Simeon Hana – Dekanat Utara dari Paroki St. Thomas yang sudah menyelenggarakannya, dan semoga kesehatan, sukacita serta kasih Tuhan selalu menyertai Opa dan Oma. Amin.
    \(^_^)/ … \(^_^)/ … \(^_^)/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.