Mgr Suharyo “Natal Berhikmat Untuk Bangsa Bermartabat”, Pesan Natal Mabesad

Jakarta – keuskupanbogor.org : Perayaan Natal Mabesad digelar hari ini,  rabu (9/01/2019) di Ruang Raflesia Balai Kartini, Jakarta. Dihadiri angota TNI AD dan PNS di lingkungan TNI AD Natal ini berlangsung semarak dalam suasana khas Natal. Jenderal TNI Andika Perkasa (KASAD) beserta istri hadir sekitar Pukul. 10.15 disambut oleh jajaran panglima tinggi TNI beserta Mgr Suharyo (Uskup OCI dan Ketua KWI), Pendeta DR Emanuel Kristo dan RD David dimeriahkan dengan tarian penyambutan dari pengisi acara.

Mgr Suharyo (Uskup OCI, Ketua KWI) memberikan pesan Natal dalam Perayaan Natal Keluarga Besar Mabesad di Balai Kartini (Rabu, 9/1/2019). (Foto : RD David)

Mgr Suharyo tampil memberikan pesan dan renungan Natal dengan lugas dan tegas. Sebelum memberikan pesan dan renungan Natal beliau menyampaikan ucapan selamat Natal kepada keluarga besar TNI AD dan selamat tahun baru untuk semua.” Semoga berkat kepemimpinan berhikmat, cita-cita indonesia yang termaktub dalam alinea ke-4 UUD 1945  semakin jadi kenyataan”, harap beliau.

Dalam pesannya, Mgr Suharyo yang juga menjadi Uskup Keuskupan Agung  Jakarta menekankan makna  hikmat yang diturunkan dari tema Natal bersama PGI dan KWI, “Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita” (I Kor : 30). Dua permenungan hikmat diketengahkan beliau berdasarkan refleksi biblis dan filosofis. Secara biblis tertuang kisah Yesus sebagai firman yang menjadi manusia. Dapatlah disimpulkan bahwa manusia adalah makhluk yang mulia. Dengan demikian hal-hal yang merusak martabat manusia harus disingkirkan.

Jenderal TNI Andika Perkasa dan istri memberikan bantuan Natal dalam Perayaan Natal Keluarga Besar Mabesad di Balai Kartini (Rabu, 9/1/2019). (Foto : RD David)

Beliau menambahkan bahwa dalam sejarah ternyata kemuliaan manusia tergerus dan tercemar. Dengan penjelasan yang sederhana Mgr Suharyo membawa permenungan (filosofis) perjalanan hidup manusia yag dipandang dari sisi era rasional(isme) saat manusia hanya dipandang dalam logika; era konsumerisme saat nilai manusia diukur dengan harta;  era pasca kebenaran saat manusia jatuh dalam berbagai berita hoax “Saya mencuit maka saya ada”.

Puteri Ayu menyanyi dalam acara Natal Keluarga Besar Mabesad di Balai Kartini (09/01/2018). (Foto : RD David)

Berikutnya, Mgr Suharyo menegaskan makna hikmat yang terkandung dalam Pancasila (Sila Keempat.  Hikmat jadi inti. “Saya berhikmat maka saya ada. Pribadi berhikmat akan menumbuhkan bangsa yg bermatabat. Pribadi WNI berhikmat adalah kesadaran bahwa Indonesia adalah karya Tuhan”, jelas beliau. Berhikmat berarti menjadikan Indonesia yang berlandaskan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945. Mgr Suharyo berharap semoga hikmat dalam kepemimpinan TNI AD juga mampu membawa TNI dalam  profesionalitas.

Acara penyerahan bantuan yang secara simbolis diberikan oleh Jenderal TNI Andika Perkasa beserta istri kepada Panti Asuhan dan juga perwakilan lainnya, Paduan Suara Kostrad,  hiburan dari artis Delon dan Putri Ayu serta tarian menyemarakkan acara Natal kali ini. Acara berakhir dengan foto bersama. (RD David)

One thought on “Mgr Suharyo “Natal Berhikmat Untuk Bangsa Bermartabat”, Pesan Natal Mabesad

  1. Lucia says:

    Selamat Natal dan Tahun Baru 2019 untuk Keluarga Besar TNI AD … Semoga persatuan dan kedamaian selalu terjaga di Indonesia dan kita menjadi bangsa yg bermartabat. Amin. Tuhan Yesus Memberkati.
    \(^_^)/ … \(^_^)/ … \(^_^)/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.