Mgr Tri Harsono Pulang Kampung Rayakan Misa Syukur

Bogor – Keuskupan : Rasa rindu hanya bisa diobati dengan bertemu. Rasa syukur akan menjadi lengkap ketika berbagi. Demikianlah rasa rindu dan syukur diungkapkan melalui Misa perdana Mgr Christophorus Tri Harsono yang telah ditahbiskan menjadi Uskup Keuskupan Purwokerto pada 16 Oktober 2018 yang lalu. Bertempat di Gereja BMV Katedral, Pkl. 17.00, Mgr Tri merayakan misa bersama para imam Keuskupan Bogor dan sejumlah umat serta biarawan biarawati yang memadati bangku-bangku gereja hingga penuh. Hadir pula ibunda Mgr Tri, Maria Theresia Suirini bersama keluarga duduk di bangku depan gereja. Rasa bangga dan bahagia terpancar pada seluruh umat dan imam yang hadir dalam perayaan tersebut. Paduan suara Seminari Stella Maris mengawali perarakan agung yang menghantar Mgr Tri dengan barisan para imam berkasula putih. Suasana sakral dan khidmat sore itu sangat kuat terasa. Perayaan  Ekaristi syukur ini dirayakan oleh Mgr Tri sebagai selebran utama didampingi oleh RD Paulus Haruna (Vikaris Jenderal Keuskupan Bogor) dan RD Handy (Vikaris Jenderal Keuskupan Purwokerto). 

Mgr Tri berhomili (Foto: Rani)

Daya Roh Tuhan 

Roh Tuhan itu satu dan sama. Roh Tuhan memimpin setiap orang untuk berbuat baik. Roh Tuhan membawa orang untuk mengupayakan damai bukan permusuhan dan perpecahan. Roh Tuhan itu pula membawa orang pada kasih yang disempurnakan dengan sikap berbagi dan memberi. Demikianlah Mgr Tri dalam homilinya mengajak semua  umat untuk hidup dalam Roh Tuhan. Dengan lugas, beliau menyampaikan “ Tidak semua orang memberi dengan kasih. Demikian pula kasih tanpa pemberian itu omong kosong”. “Pemberian itu bisa dalam bentuk apapun : perhatian, waktu, pemikiran dan sebagainya. Kristus sendiri telah mencontohkan dan meneladankan itu semua”, ungkapnya. 

Dihadiri Tokoh Lintas Agama

Mgr Tri bersama tokoh lintas agama Kota Bogor (Foto: RD David)

Usai perayaan di Gereja BMV Katedral, umat diberi kesempatan untuk memberikan ucapan selamat kepada Mgr Tri. Selanjutnya acara berlanjut dengan ramah tamah bersama para tokoh lintas agama di Kota Bogor. Tampak sahabat sejati Mgr Tri yang juga hadir dalam tahbisan Uskup di Purwokerto yaitu KH Zaenal Abidin. Beliau adalah pimpinan dan pengasuh Yayasan Azkia Alawiyah di kawasan Tanah Sareal Bogor. Percakapan akrab dan penuh persaudaraan tercipta di meja makan saat para tokoh lintas agama ini makan bersama. Selamat menggembalakan umat di Keuskupan Purwokerto Mgr Tri Harsono. (RD David).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.