Bogor-Keuskupan : ” Jadilah Imam yang berjiwa misioner, bersukacita, dan berwawasan ekologis,” Demikian ajakan  Bapak Uskup Mgr. Paskalis Bruno Syukur bagi para imam di Keuskupan Bogor yang disampaikan dalam homili Misa Pemberkatan Minyak dan Pembaharuan Janji Imamat. Perayaan Ekaristi Konselebrasi ini dipimpin langsung oleh Mgr. Paskalis Bruno Syukur bersama para anggota dewan kuria keuskupan Bogor. Seluruh imam di Keuskupan Bogor hadir dalam perayaan ini untuk memperbaharui janji imamatnya.  Sejumlah umat, biarawan, dan biarawati pun turut hadir dalam perayaan ekaristi ini untuk mendoakan dan mendukung imam-imam agar semakin setia dan mantap sebagai pelayan Tuhan.

Sudah menjadi kebiasaan di Keuskupan Bogor, setiap hari Selasa dalam Pekan Suci, diadakan Misa Pemberkatan Minyak  dan Pembaharuan Janji Imamat. Dalam  Misa Pemberkatan Minyak sejumlah minyak yang biasa digunakan dalam pelayanan Sakramen (Minyak Krisma, Minyak Pengurapan Orang Sakit dan Minyak Katekumen) diberkati dalam perayaan ini. Minyak yang terbuat dari minyak zaitun ini setelah didoakan dalam rumusan doa yang berbeda-beda, kemudian didistribusikan ke setiap paroki untuk menggantikan minyak-minyak yang  sebelumnya. Pembaharuan IMG_2754minyak-minyak suci ini untuk menjaga kesegarannya. Umumnya minyak yang sudah terlalu lama akan menimbulkan aroma yang khas.

Pada tahun ini, sehari sebelum perayaan ini (Senin, 21 maret 2016) para Imam mengikuti rekoleksi yang diadakan di Gedung Pusat Pastoral ( Puspas ). Dalam rekoleksi yang dipimpin oleh RD Paulus Haruna, para Imam diajak untuk merenungkan keimamatnya. Rekoleksi yang dilangsungkan dari Pkl. 08.00 pagi ini melibatkan semua imam di Keuskupan Bogor beserta dengan Bapa Uskup, Mgr. Paskalis Bruno Syukur. Dalam rekoleksi ini, Rm. Haruna mengajak para imam untuk menjadi imam-imam sesuai himbauan Bapa Suci, Paus Fransiskus yang disampaikan dalam pesan Natal 2015. Jadilah Imam  yang misioner, menampilkan kerahiman ilahi dan berbuah.

Rekoleksi sehari ini diakhiri dengan Sakramen Tobat. Para Imam pun mengaku dosa kepada Imam-Imam yang sudah ditunjuk untuk memberikan pelayanan  Sakramen Tobat. Terima kasih kepada seluruh umat yang senantiasa menjaga dan mendoakan Imam-Imamnya.

Selamat  kepada Bapa Uskup, Mgr. Paskalis Bruno Syukur berserta seluruh imam yang berkarya di Keuskupan Bogor atas pembaharuan janji imamatnya hari ini. Semakin bersukacita dalam rahmat panggilan ini, dan semakin setia dalam melayani umat-umat di Keuskupan Bogor. Proficiat !! ( Wibie/ RD David )

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on TumblrDigg thisEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *