Cipanas-Keuskupan : Paroki Santa Maria Para Malaikat Cipanas tahun ini memasuki usia yang ke 69. Sebuah usia yang semakin menuju kedewasaan. Sebuah Gereja yang berziarah dalam beragam suku dan budaya yang berada di tanah tatar Sunda. Kegiatan HUT Paroki yang ke 69 tahun ini diisi dan dikemas oleh panitia dengan beragam kegiatan dan lomba diantaranya adalah: bazar cinta kasih, jalan santai, kerjabakti bersama, penanaman pohon,  lomba bulutangkis ganda putra-putri, bola voli, senam poco-poco dan sebagai acara puncak adalah misa syukur dan acara kebersamaan umat. Semua larut dalam kebahagiaan bersama dan tanpa sekat-sekat yang membatasi.

Tahun ini mengangkat tema: “Gereja Sebagai Wujud Kebhinekaan Penopang Persatuan dan Kesatuan Bangsa”. Diharapkan Umat bersatu dalam keberagaman, bersyukur dengan semua perbedaan yang ada yang menjadikan kita kaya dalam hidup dan iman. Minggu, 06 Agustus 2017 diadakan Misa syukur HUT Paroki Santa Maria Para Malaikat Cipanas di gereja Cipanas pukul 08.00. Misa diawali dengan perarakan tarian anak-anak BIAK dengan memakai pakaian adat yang berbeda, lalu para petugas dan para ketua Lingkungan dan ketua Wilayah mengenakan pakaian adat membawa vandel-vandel komunitas, paguyuban, lingkungan maupun wilayah.  Misa syukur dibawakan oleh selebran utama RP. Dionisius Anggo Man OFM dan didampingi oleh RP. Antonius Sahat Manurung OFM, bersama Pastor Paroki Cipanas yaitu RP. Ignatius Widiaryoso OFM.  Para petugas lektor, pemazmur, kor, dan petugas tata tertib; mereka mengenakan pakaian adat  masing-masing seakan berada di seluruh wilayah di Indonesia dimana  mata memandang pasti melihat keindahan pakaian adat.

Dalam khotbahnya Pastor Dion OFM menyapa umat yang hadir dengan seruan penuh semangat:”Hidup Indonesia, Hidup Paroki Cipanas!”  Beliau mengajak umat untuk mengucap syukur seperti Petrus di dalam bacaan Minggu ini dengan berkata: ”Tuhan betapa bahagianya kami di tempat ini…”  jelas dirasakan adanya ketenangan batin dan kemuliaan Tuhan saat bersama Yesus.  Maka kita pun diajak untuk rajin berdoa, dimana dengan berdoa merupakan kesempatan perjumpaan dengan Allah dimana kita mendapatkan ketenangan batin dan rahmat-rahmat lain yang mengiringinya. Berdoalah dan mintalah dengan kesungguhan imanmu.  Seusai perayaan Ekaristi acara dilanjutkan dengan acara kebersamaan di pendopo gereja. Dalam sambutannya Pastor Paroki Cipanas, yaitu RP. Ignatius Widiyarsoso OFM mengajak umat agar di tahun depan umat lebih semangat dan berpartisipasi dalam mengikuti setiap kegiatan di Paroki.  Lalu acara dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng dan kue ulang tahun  dilanjutkan dengan pembagian hadiah lomba voli, badminton dan senam poco-poco. Acara pun diselingi oleh penampilan tarian dari perwakilan dua Wilayah yang ada di Paroki Cipanas dan pengambilan door price. Kemudian acara pun ditutup dengan doa makan siang dan doa penutup oleh Sr. Ovin FMM dan berkat dari RP. Dionisius Anggo Man OFM. Setelah itu umat pun secara bersama-sama merapikan dan membersihkan pendopo gereja. (GemaSuci)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on TumblrDigg thisEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *