Misa Tahunan Senatus Bejana Rohani 2016 Legio Maria

Bogor-Keuskupan : Hari itu, Senin, 12 September 2016. Jam masih menunjukkan pukul 7 pagi namun banyak sekali kerumunan orang berbaju biru mendekati gereja Stella Maris Pluit. Dengan tertib mereka melewati pengecekan metal detector di gerbang gereja. Ada apa gerangan? Hmm.. setelah diselidiki dengan seksama, ternyata orang-orang berbaju biru itu adalah para legioner yang akan merayakan Misa Tahunan Senatus Bejana Rohani.

lm1Para tentara Maria itu tampak penuh semangat. Dari yang sudah oma opa hingga para junior yang masih imut-imut semuanya berwajah sangat ceria. Tercatat sekitar 2300 legioner hadir dari seantero wilayah kerja Senatus Bejana Rohani, yakni Pulau Sumatera, Jawa Barat, Jakarta, dan Pulau Kalimantan. Peserta terbanyak berasal dari dewan-dewan di Jakarta, Bekasi, Bogor, dan Tangerang, serta hadir pula beberapa legioner dari luar kota dan luar pulau, yakni dari Regia Ratu Para Syahid Medan, Kuria Ratu Rosari Banjarmasin, Kuria Ratu Damai Bandar Lampung, dan Komisium Bunda Rahmat Ilahi Bandung. Komisium Bintang Timur Bogor sendiri mengirimkan 127 orang tentaranya, yang terdiri dari 59 orang legioner Kuria Depok dan 68 orang legioner dari presidium-presidium yang langsung tergabung dalam komisium.

Tepat pukul sembilan pagi rangkaian acara dimulai dengan Doa Tesera yang dipimpin oleh Sdr. Laurensius Hasannudin Soebiakto (bendahara 1 Senatus) dan Sdri. Ignatia Marina (sekretaris 1 Senatus). Perayaan ekaristi lalu dibuka dengan perarakan patung Bunda Maria, veksilum besar, vandel dari seluruh dewan yang bernaung dalam Senatus Jakarta, diikuti oleh perwira senatus, para imam konselebran, serta Uskup Keuskupan Agung Jakarta, Mgr. Ignatius Suharyo. Ada enam imam konselebran yang memimpin ekaristi bersama Bapa Uskup, yaitu RD. Antonius Didit Soepartono (Pemimpin Rohani Senatus Bejana Rohani), RD. Alexius Widianto (Pemimpin Rohani Legio Paroki Pantai Indah Kapuk), RP. Kornelis Jamlean, MSC (Pemimpin Rohani Kuria Tahta Kebijaksanaan Jakarta Utara), RP. Lukas Sulaeman, OSC (Pemimpin Rohani Komisium Maria Assumpta, Tangerang), RP. Anton Sahat Manurung, OFM (Pemimpin Rohani Pres. Regina Angelorum Kuria, Depok), dan RP. Adrianus Herry Wijayanto, SJ (Pemimpin Rohani Kuria Ratu Para Kudus, Jakarta Selatan).lm3

Mgr. Ignatius Suharyo membuka homilinya dengan pertanyaan : “Mengapa Yesus selalu menyembuhkan penyakit di depan banyak orang?, Mengapa Yesus menyembuhkan berbagai macam penyakit?, dan Mengapa tak semua orang sakit disembuhkan oleh Yesus?”

Perayaan Ekaristi ini berlangsung sangat khidmat, meriah, dan penuh sukacita. Apalagi diiringi oleh suara merdu dari koor gabungan warga lingkungan dan legioner di paroki Pantai Indah Kapuk. Sebelum berkat penutup, Sdri. Patricia Sondang selaku ketua panitia menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Bapa Uskup, para imam, panitia, dan seluruh legioner yang hadir dalam misa tahunan ini. Ketua Senatus Bejana Rohani, Sdri. Isabella Mardiyanti Rusli kemudian menyampaikan apresiasi kepada seluruh legioner dari Kuria Tahta Kebijaksanaan, Jakarta Utara yang sudah bekerja keras untuk bisa menyelenggarakan misa tahunan 2016 ini. Tahun depan misa tahunan akan diadakan di Bandung, sekaligus untuk merayakan 50 tahun hadirnya Legio Maria di Keuskupan Bandung. Sdri. Yanti juga memperkenalkan susunan perwira senatus yang terbaru karena terjadi penggantian dalam beberapa posisi perwira selama satu tahun ini. Luapan semangat para legioner semakin tak terbendung ketika Romo Didit mengajak seluruh legioner untuk berdiri dan menyanyikan “Mars Legio Maria”.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan ramah tamah perwakilan dewan bersama Bapa Uskup dan para imam di gedung pastoral. Hadir pula para pendahulu perwira senatus yang berbagi cerita nostalgia masa lalu. Meskipun sudah tak lagi menjadi perwira, namun perhatian dan semangat mereka tak pernah padam bagi para legioner di Senatus Bejana Rohani. Tak lupa ada acara pemotongan kue untuk merayakan 95 tahun Legio Maria sedunia yang diperingati setiap tanggal 7 September.

Semoga Legio Maria semakin jaya, semakin berdaya guna bagi Gereja, dan semakin memiliki karakter seperti Bunda Maria. Juga semoga misa tahunan ini memberikan semangat baru bagi para legioner yang sedang lesu dan mengalami demotivasi.

Sampai jumpa pada misa tahunan Senatus tahun 2017 di Kota Bandung. AVE MARIA!!!

One thought on “Misa Tahunan Senatus Bejana Rohani 2016 Legio Maria

  1. youngRaul says:

    I see you don’t monetize your website, but you can earn extra cash every day.
    It’s very easy even for noobs, if you are interested simply search in gooogle: pandatsor’s tools

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.