‘OMK St. Paulus Depok : Our Journey to Celebrate The New Leader’

“Our journey to celebrate the new leader” menjadi judul kisah perjalanan OMK St. Paulus Depok yang sedang ber-euphoria telah memiliki Ketua OMK Baru. Ingin tahu perjalanan sosialisasi, terpilihnya ketua baru hingga pelantikkan ??? Let’s Go !

Rangkaian acara pemilihan Ketua dan Wakil ini dimulai pada tanggal 27 April 2014 dengan mensosialisasikannya di “OMK Corner’s”. setelah itu dilanjutkan dengan Orasi Bakal Calon Ketua dan Wakil Ketua OMK pada tanggal 4 Mei 2014. Dalam acara ini para Calon Ketua dan Wakil mengutarakan visi dan misi mereka. Dan puncaknya pada tanggal 10 dan 11 Mei 2014 di lapangan gereja, OMK Paroki St. Paulus Depok melakukan pemilihan ketua dan wakil ketua periode 2014-2016. Calon-calon tersebut yang wajahnya rela dipasang di spanduk adalah pasangan dari Partai Merah (Reda-Listi), dari Partai Biru (Octav-Yoan), dan dari Partai Hijau (Abilio-Selvi). Pemilihan berlangsung setelah misa Sabtu sore serta Minggu pagi dan ditutup pada pukul 12.00 WIB.

Kami mengajak teman-teman semua yang berusia 13 sampai 33 tahun dan belum menikah agar mau memberikan suara dan ikut serta dalam pemilu ini. Selain teman-teman OMK, pemilu juga diikuti oleh para pengurus DPP, DKP, Wilayah, dan KUB. Memang tidak semua pengurus dapat hadir, namun tetap ada perwakilan dari mereka loh.. Pada pukul 12.00 WIB pemungutan suara pun ditutup dan penghitungan suara dimulai. Penghitungan suara disaksikan oleh Bpk. Rubiyo, Ketua Wilayah St. Christophorus – Bpk Danun, Ketua Wilayah St. Yosep dan Bapak Jhonson.

Setelah terpilih ketua baru, OMK St. Paulus Depok mengadakan pembekalan calon pengurus yang dilaksanakan pada tanggal 17-18 Mei 2014 di wisma retret St. Lidwina Sukabumi dihadiri oleh 24 peserta dan didampingi oleh 7 pendamping. Acara ini merupakan program kerja OMK St. Paulus Depok. Acara ini sangat berbeda dikarenakan para peserta dan panitia menggunakan transportasi kereta untuk menuju ke Sukabumi sehingga para peserta dan panitia harus datang tepat waktu supaya tidak tertinggal kereta. Acara ini dimulai dengan menyelesaikan misi yang berlangsung di dalam perjalanan kereta dari Bogor menuju Sukabumi. Misi ini dikerjakan secara berkelompok. Dan dari misi-misi ini, tiap kelompok dapat menyelesaikan misinya mendapat kata berharga yaitu Komitmen, Tanggung Jawab, Kerja Sama, Inisiatif dan Komunikasi. Kata-kata berharga ini menjadi modal semangat melayani dalam menjalankan tanggung jawab kepengurusan OMK St. Paulus.

Sampai di Wisma Retret St. Lidwina, para peserta pergi ke kamar sesuai dengan pembagian kamar dan beristirahat. Pukul 12 acara pembukaan dibuka oleh Romo Anton Sahad, OFM dengan pemukulan gong. Dalam pembekalan ini, para peserta belajar mengenai “Tanggung Jawab Kaum Muda” yang dibimbing oleh Suster Yosefa, SFS yang disertai dengan tanya jawab bagaimana bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari. Untuk membuat suasana semakin akrab, RP. Anton Sahad, OFM mengajak para peserta mempelajari nilai-nilai kepemimpinan dan tanggung jawab dengan beberapa games yang ringan.

Dalam mewujudkan kata berharga, para peserta dibimbing agar dapat menjalankan kepengurusan OMK seperti sekelompok angsa yang terbang membentuk huruf V agar dapat terbang efisien sampai di tempat tujuan mereka serta bagaimana sekelompok angsa menghadapi masalah dalam perjalanan mereka. Pembekalan ini ditutup dan para peserta juga dikuatkan dengan misa ekaristi yang dipimpin oleh Romo Anton Sahad, OFM. “Saling Komitmen, Tanggung Jawab, Kerja Sama, Inisiatif dan Komunikasi menjadi modal dan kata-kata berharga untuk semangat melayani seperti yang dilakukan Yesus Kristus dan bekerja seperti sekelompok angsa yang terbang membentuk V.

Sekarang Momen yang penting dan ditunggu-tunggu adalah momen para calon pengurus dilantik jadi pengurus OMK. Para calon pengurus ini dilantik hari minggu tanggal 25 Mei 2014 jam 8 pagi oleh Romo paroki St. Paulus Depok Romo Yosef Tote OFM. Dalam misa pelantikan ini, para pengurus diteguhkan kembali untuk saling bekerja sama dan melayani dalam pelayanan karena dipilih menjadi satu keluarga OMK. Total pengurus yang dilantik pada hari minggu berjumlah 41 orang dan tentu yang membuat berbeda pada misa ini semua pengurus yang dilantik menggunakan pakaian batik.

Inilah rangkaian perjalanan kita OMK St. Paulus, Selamat Bertugas untuk Ketua dan Pengurus OMK yang baru!  Tunggu kita di kabar kegiatan-kegiatan OMK selanjutnya yang seru !

“Multa Membra Sed Unum Corpus”.

-Lolek & Christy-

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.