By Mathias Hariyadi on November 21, 2013

PADA hari Kamis tanggal 22 November 2013 ini, Tahta Suci Vatikan –dalam hal ini adalah Paus Fransiskus– resmi menunjuk Pastur Paskalis Bruno Syukur OFM sebagai Uskup baru untuk Diosis Bogor menggantikan Mgr. Cosmas Michael Angkur OFM yang sebelumnya mengajukan pensiun karena usia lanjut.

Pastur-Bruno-Paskalis-Syukur-OFM-Uskup-baru-Diosis-Bogor-300x333Pastur Paskalis Bruno Syukur OFM adalah imam rohaniwan anggota Ordo Saudara Hina Dina Fransiskan (OFM).

Lahir dan besar di Labuanbajo, Manggarai Barat, Flores di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Pastur Paskalis Bruno Syukur masuk OFM dan menjalani novisiatnya di Yogyakarta.

Menurut catatan Sesawi.Net, mulai tahun 1983, bersama Pastur Dr. Peter Aman OFM dan Robby Wowor OFM, Pastur Paskalis Bruno Syukur mulai belajar filsafat di STF Driyarkara Jakarta.

Mereka ini adalah generasi terakhir mahasiswa STF yang harus menempuh ujian BA, sebelum akhirnya boleh melanjutkan studi lanjut bidang filsafat untuk memperoleh gelar doktorandus (Drs).

Di kalangan OFM, Pastur Paskalis Bruno Syukur OFM dikenal sebagai pemimpin umum untuk OFM Provinsi Indonesia (provinsial) selama dua kali periode dan selanjutnya bertugas definitor OFM di Generalat OFM di Roma.

Photo credit: Pastur Paskalis Bruno Syukur OFM (Dok. Provinsialat OFM Jakarta/Romo Peter Aman OFM)

Tautan:

Dari: http://www.sesawi.net/2013/11/21/breaking-news-pastur-dr-bruno-paskalis-syukur-ofm-uskup-baru-diosis-bogor/

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on TumblrDigg thisEmail this to someone
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *