Pemimpin tertinggi Gereja Katolik Roma Paus Fransiskus telah menunjuk Yang Mulia Mgr. Piero Pioppo, Uskup Agung Tituler Torcello yang sebelumnya Nuntius Apostolik untuk Kamerun dan Equatoria Guinea sebagai Nunsius Apostolik atau Duta Besar Tahta Suci Vatican untuk Indonesia.

Yang Mulia Pierro Pioppo dilahirkan pada tanggal 29 September 1960. Beliau menerima tahbisan imamatnya pada tanggal 29 Juni 1985 dan tahbisan episkopat (Uskup) pada tanggal 18 Maret 2010.

Adapun, pengumuman ini mengawali berita singkat di laman Radio Vatikan berbahasa Italia dan hingga menjelang pukul 18.00 WIB petang ini versi bahasa lainnya belum tertayang.

Sebelum ditunjuk sebagai Duta Besar Vatican untyuk RI dan nantinya berkedudukan di Jakarta, Mgr. Piero Pioppo pernah mengemban tugas diplomatik sebagai Dubes Vatikan untuk Kamerun dan Guinea Equatoriale.

Dubes Vatican untuk Indonesia ini lancar berbahasa asing seperti Spanyol, Inggris, Perancis, selain tentu saja bahasa ibu Italia. Mgr. Pierro bergabung dalamm jajaran Diplomatik Vatican pada 1993 dan selanjutnya beliau dikaryakan di Korea Selatan, Chile.

Mgr. Piero Pioppo mengisi pos jabatan dan tanggungjawab Nuntio Vatican di Indonesia yang bulan Juli 2017 lalu telah ditinggalkan oleh Mgr. Antonio Guido Filipazzi dimana tugas karyanya sudah selesai.

Mgr. Pierro diharapkan dapat hadir dalam Tahbisan Uskup baru untuk Keuskupan Pangkalpinang, Sumatera Selatan pada tanggal 22 September 2017 mendatang. Episkopal Mgr. Adrianus Sunarko OFM sebagai Uskup Keuskupan Pangkal Pinang berharap agar Dubes Vatikan yang baru Mgr. Piero Pioppo bisa menghadiri seremoni tahbisan uskup baru.

Hal tersebut disampaikan oleh Romo Hans Jeharut Pr Ketua panitia Tahbisan Mgr. Adrianus Sunarko OFM, Uskup Pangkalpinang menggantikan Mgr. Hilarius Moa Nurak, yang telah berpulang tahun 2016 yang lalu.

Sumber berita : http://www.netralnews.com/news/nasional/read/100622/paus.fransiskus.tunjuk.mgr.piero.pioppo.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on TumblrDigg thisEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *