Purwokerto-Keuskupan : Rangkaian kegiatan Pekan Komunikasi Sosial Nasional telah berakhir. Acara yang berlangsung di Keuskupan Purwokerto ini diakhiri dengan pemukulan gong oleh Mgr.Vincetius Sensi Poto kota dan berakhir sangat meriah disertai rasa syukur karena acara yang berlangsung seminggu ini telah berjalan dengan baik dan lancar.

Acara PKSN 2017 yang ke-4 ini merupakan Agenda Tahunan Komisi Komsos KWI. Acara yang dihadiri oleh Komisi Komunikasi Sosial se-Indonesia ini berlangsung selama sepekan.

Rangkaian Acara PKSN ini dibuka dengan penampilan-penampilan khas Banyumasans eperti Dolalak, Kentongan, dan Buncisan. Masyarakat serta tamu undangan yang mengikuti pagelaran budaya ini terlihat antusias mengikuti acara tesebut dari awal sampai akhir acara, bahkan Romo Teguh terlihat ikut menari bersama. Setelah pagelaran budaya ini berakhir, acara dilanjutkan dengan misa pembukaan Pekan Komunikasi Sosial Nasional di Katedral Kristus Raja, Purwokerto.

Hari kedua dilanjutkan dengan Workshop audio visual yang dibawakan oleh Tim SAV PUSKAT Yogyakarta. Peserta dibekali dengan teori dasar Sinematografi dan pengenalan peralatan yang digunakan dalam membuat film. Acara ini berakhir sekitar pukul 17.00. Peserta perwakilan keuskupan melanjutkan dengan mengikuti misa harian di Auditorium Dominic Hotel.

Pada hari ketiga ada 3 kegiatan Workshop yang dilaksanakan serempak yaitu, Audio Visual, Literasi Media dan MenulisKreatif. Workshop Audio Visual memasuki sesi kedua mengenai proses editing dan shooting. Sementara itu Workshop Literasi Media yang dibawakan oleh Richardus Eko Indrajit diadakan di kampus Akademi Maritim Nusantara (AMN),Cilacap dihadiri oleh ratusan peserta. Menulis Kreatif diadakan di SMA Susteran diikuti sekitar 60 peserta dan dengan menghadirkan 4 pembicara.

Dilanjutkan dengan hari keempat, Kegiatan PKSN yang diadakan yaitu Workshop Audio Visual dengan agenda melaksanakan proses editing dan evaluasi. Workshop Menulis Kreatif melanjutkan praktek individual serta evaluasi dalam menulis buku. Diadakan pula Lomba Debat dan Lomba Menggambar Karikatur.

Memasuki hari kelima diadakan Rekoleksi Character Building oleh Bapak Bebet Dharmawan. Peserta dilatih untuk menjadi lebih berani dan yakin kepada kemampuannya sendiri. Peserta ditantang untuk dapat memecahkan botol kaca dengan telapak tangan, mengalahkan rasa takut terhadap ular dan yang terakhir berani berjalan diatas bara api yang menyala.

Hari keenam acara dilaksanakan di STIKOM YosSudarso,dengan agenda Seminar Pekan Komunikasi Sosial Nasional peserta acara diterima dan disambut dengan baik oleh mahasiswa disana. Acara yang dihadiri oleh Bapak Bupati Banyumas Ir.AchmadHusein, Bapak Uskup Vincentius Sensi Potokota. Narasumbernya yaitu Dirjen Bimbingan Masayarakat Katolik Indonesia, Drs. Eusabius Binsasi, pakar IT, Prof. Dr. Richardus Eko Indrajit, jurnalis senior Kompas, Trias Kuncahyono, Direktur Radio Suara Surabaya, Errol Jonathans.

Hari ketujuh sekaligus Hari terakhir dalam rangkaian acara pembukaan komunikasi sosial nasional diisi dengan perayaan Ekaristi yang di pimpinoleh Mgr. VincentiusSensiPotokota. Dilanjutkan dengan pemukulan gong dan meresmikan penutupan Acara PKSN 2017. Penutupan pun berjalan dengan baik dan meriah. ( Gabriella/Rachel )

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on TumblrDigg thisEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *