Rangkasbitung-Keuskupan :  “Di hadapan Allah serta seluruh umat, saya berjanji dengan tulus hati akan menunaikan tugas saya sebagai Pengurus Dewan Pastoral Paroki, Dewan Keuangan Paroki dan Pengurus Gua Maria Bukit Kanada, Paroki St. Maria Tak Bernoda Rangkasbitung selaras dengan kemampuan yang ada pada saya, yang telah saya terima dari Tuhan. Saya akan menyumbangkan waktu dan tenaga saya demi kesejahteraan dan perkembangan umat Allah di Paroki ini. Karena itu, saya akan menjalankan tugas saya dengan penuh tanggung jawab. Kiranya Allah mendampingi saya beserta segenap pengurus Dewan Pastoral Paroki, Dewan Keuangan Paroki dan Pengurus Gua Maria Bukit Kanada, Paroki St. Maria Tak Bernoda Rangkasbitung dalam menjalankan tugas dan jabatan suci ini.”

Janji tersebut diucapkan dengan lantang penuh tanggung jawab oleh seluruh pengurus baru DPP, DKP & PGMBK Paroki St. Maria Tak Bernoda Rangkasbitung Masa Bakti 2017-2020, yang dilaksanakan di Gereja pada hari Minggu, 14 Mei 2017 pukul 07.00 WIB. Proses pelantikan dilaksanakan dalam rangkaian Misa Konselebrasi, dengan Selebran Utama Mgr. Paskalis Bruno Syukur didampingi oleh Pastor Paroki RD. Andreas Bramantyo dan Pastor Vikaris RD. Antonius Garbito Pamboaji, serta Sekretaris Keuskupan Bogor RD. Monang Damanik.

Dalam homilinya, Mgr. Paskalis mengajak seluruh umat untuk bangkit berdiri dan menyanyikan kembali lagu pembukaan “Maju Bersama”. Saudara dan saudari, maju bersama, melangkah bersama, prinsip hidup ini merupakan prinsip yang memang diberi jalan oleh Tuhan sendiri. Dalam Injil hari ini Yesus mengatakan, “Akulah jalan kebenaran dan hidup”, artinya Yesus menunjukan kepada kita jalan yang mesti kita tempuh, hal yang mesti kita lakukan menurut apa yang telah dijalankan oleh Yesus. Maka dalam bagian akhir bacaan Injil, Yesus juga mengatakan, “sesungguhnya barang siapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan”. Maka, kalau kita percaya kepada Yesus, berarti apa yang kita kerjakan itu adalah pekerjaan yang dilakukan oleh Yesus sendiri. Saudara dan saudari, maju bersama, melangkah bersama, itulah yang dibuat oleh Yesus Kristus dalam melaksanakan karya penyelamatan-Nya. Dalam karya-Nya itu Ia melaksanakan karya Bapa, kemudian dalam melaksanakannya di dunia, Yesus juga tidak bekerja sendiri, Ia memilih dan mengundang para Rasul untuk bekerja bersama-Nya.

Saudara dan saudari, hari ini kita melantik beberapa orang yang dipilih oleh umat dan para Pastor di sini. Dalam tradisi Alkitabiah, kalau seorang itu dilantik berarti orang itu diutus oleh orang yang melantik, berarti ia melakukan apa yang menjadi misi bersama dengan yang melantik. Anda sekalian dilantik, mulai dari Pastor dan para Dewan, artinya diutus untuk melakukan apa yang menjadi cita-cita dan jalan bersama Bapa Uskup dan Yesus Kristus. Roh Kudus yang kita miliki bersama itulah yang akan menggerakkan kita semua. Dan umat sekalian diharapkan untuk membantu juga. Saya menekankan hal ini, pertama-tama karna kita mau mengikuti jalan hidup Yesus Kristus, karna Ia adalah jalan kebenaran dan hidup. Yang kedua, saya terinspirasi dari lagu pembukaan yang kalian semua nyayikan. Saya berharap bahwa jangan hanya dalam nyanyian saja, melainkan menjadi nyata dalam bekerja bersama, maju bersama dan melangkah bersama dengan sukacita antara DPP, DKP & PGMBK. Saya berharap juga, kita yang tidak banyak umat di tempat ini, tapi harus berkualitas. Kualitas itu bukan ditentukan oleh hal-hal lain, tapi ditentukan oleh kami mengikuti ajaran Yesus Kristus. Ajaran Yesus yang ditegaskan hari ini adalah kami harus bekerja bersama, maju bersama dan melangkah bersama. Kerja bersama ini diarahkan oleh Bapa Uskup melalui para Pastor yang ada di sini yang bekerja sama dengan anda sekalian DPP, DKP & PGMBK dan seluruh umat. Akhir kata, marilah kita senantiasa percaya kepada Yesus, namun jangan hanya percaya melainkan mari kita melakukan pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh Yesus secara bersama-sama agar kita maju bersama dengan sukacita hidup Kristus jaya!

Setelah homili dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Pengangkatan dan Pelantikan DPP, DKP & PGMBK Masa Bakti 2017-2020 oleh Sekretaris Uskup, RD. Monang Damanik dan diberkati oleh Mgr. Paskalis Bruno Syukur.

Setelah Perayaan Ekaristi, dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan hiburan sederhana namun penuh keakraban yang dilaksanakan di halaman Pastoran. Dalam kesempatan ini Pastor Paroki, RD. Andreas Bramantyo menyampaikan sedikit sambutan: Sesuai dengan tema “Dipilih Untuk Melayani”, inilah anda orang-orang terpilih yang akan membantu kinerja kami 3 tahun ke depan. Saya tahu bahwa nantinya akan banyak sekali hambatan terutama atas segala pengorbanan waktu, tenaga dan pikiran. Tetapi saya yakin sebagaimana Mgr. Paskalis ingatkan kalau kita harus maju bersama dan saya yakin kita pasti bisa maju bersama untuk lebih membangun dan juga menjalankan pelayanan kita di Paroki ini. Singkat kata, saya ucapkan selamat atas pelantikan anda sekalian dan selamat bekerja 3 tahun ke depan. Tuhan memberkati!” (AERS)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on TumblrDigg thisEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *