Bogor-Keuskupan : Lektor dan Misdinar merupakan kelompok yang mengedepankan pelayanan altar gereja. Lektor merupakan orang-orang yang siap untuk mewartakan sabda Tuhan melalui bacaan-bacaan Kitab Suci.
Misdinar merupakan orang-orang yang terpanggil untuk menjadi pelayan altar yang bertugas membantu Imam dalam perayaan Ekaristi.
Dua kelompok ini sama-sama berhubungan dengan seputar altar,maka dari itu lektor misdinar membuat suatu kegiatan gabungan setiap tahun dengan mengadakan pembekalan. Pembekalan ini bertujuan untuk meregenerasi para anggota, saling mengenal karakter lektor-misdinar, mendapatkan pengetahuan rohani yang dapat direalisasikan dalam tugas masing-masing, meningkatkan kebersamaan sesama pelayan altar Tuhan.
Pembekalan kali ini diadakan selama 3 hari 2 malam di Ghitari Cottages pada Rabu, 29 Juni 2016 sampai Jumat ,1 Juli 2016.

Jpeg

Tema pembekalan kali ini yaitu Two Gatherness, yang dimaksudkan untuk memupuk rasa kebersamaan. Walaupun lektor dan misdinar mempunya tugas masing-masing yang berbeda di depan altar, namun kami harus tetap satu hati untuk melayani Tuhan. Motto yang kami angkat adalah satu altar ,satu hati.

Dalam kegiatan ini ada 85 orang yang ikut serta mengikuti pembekalan. Diantaranya terdiri dari 52 orang peserta lektor-misdinar, 28 orang panitia, 2 orang pendamping / pembina lektor, 2 orang pendamping / pembina misdinar, dan 1 orang Imam. Imam yang setia mendampingi kami selama 3 hari 2 malam adalah Rm. Marsel Wisnuwardhana.
Di hari pertama peserta sangat antusias karena panitia dan narasumber menyuguhkan materi yang dapat dicerna serta hari itu disebut hari penuh tawa karena ada yel-yel serta jargon pembekalan yang dibawakan oleh perwakilan panitia sangat lucu dan menghibur. Narasumber di hari pertama adalah Rm. Yohanes Driyanto yang menjelaskan materi tentang who am I?.
Pada malam hari ada sessi yang dipisah antara lektor dan misdinar. Sessi kedua ini, materi lektor diisi dengan materi “menanggapi panggilan Tuhan” ,yang dibawakan oleh Lusia Tety selaku pendamping lektor. Di aula yang berbeda, misdinar pun diisi dengan kegiatan motivasi yang dibawakan oleh beberapa orang pengurus misdinar.
Di hari kedua tak kalah serunya, karena panitia membagi peserta menjadi 7 kelompok. Setiap kelompok harus membuat yel-yel sendiri. Kemudian ada beberapa ice breaking dari panitia agar peserta tidak bosan.
Di hari kedua ini ada 2 sessi ,yaitu yang pertama sessi gabungan tentang motivasi yang dibawakan oleh saudara Kristian Adi Putro selaku pendamping misdinar. Sessi kedua yaitu tentang liturgi yang  dibawakan oleh Ibu Judyana Marrietty dari  Komisi Liturgi Jakarta,yang diundang oleh Rm. Marselinus untuk mengisi sessi ini. Terlihat ketertarikan teman-teman lektor misdinar untuk mengikuti kegiatan pembekalan ini dan mereka terlihat semangat, apalagi semangat tertawa.
Di hari ketiga, peserta lektor dan misdinar menampilkan pentas seni dari tiap kelompok, mereka semua sangat aktif dan kreatif serta mengundang tawa yang sedang melihat pentas seni tersebut.Pembekalan ini diakhiri dengan misa  penutup yang dipimpin oleh Romo Marselinus Wisnuwardhana.
Rm. Dominikus Savio Tukiyo pun ikut menyempatkan diri untuk melihat kegiatan kami ini, walaupun beliau hanya datang sebentar. Tapi suatu apresiasi yang sangat luar biasa bahwasanya Romo paroki kami bisa ikut menyimak kegiatan pembekalan ini.
Tidak hanya Romo paroki, namun beberapa orang yang menjadi pemerhati liturgi di Katedral Bogor pun menyempatkan diri untuk melihat acara pembekalan ini seperti Ibu Lenny Indradjadja, Bapak Adrianus Widjadja, Bapak Mikael Agus Muhardi dan Bapak Wiyogo.
Puji Tuhan kami sudah dapat melewati 3 hari 2 malam yang sangat berkesan. Banyak pelajaran yang dapat kami ambil dari kegiatan ini guna perkembangan pribadi kami ,khususnya dalam mengimplementasikannya di rumah Tuhan.
Kami bersyukur kegiatan ini boleh terlaksana dengan baik dan mendapat respon yang sangat baik dari banyak peserta. Terima kasih Tuhan Yesus ,dan terima kasih kepada seluruh Imam, sekretariat paroki, DKP, DPP, panitia pembekalan, peserta pembekalan dan siapa saja yang sangat membantu untuk kelancaran pembekalan ini. Tuhan memberkati. Amin

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on TumblrDigg thisEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *