Pengutusan Katekis Alumni Kursus Katekese Keuskupan Bogor, Pengukuhan Prodiakon, dan Pembukaan KEP V Gereja St. Herkulanus – Depok Jaya

Pengutusan Katekis Alumni Kursus Katekese Keuskupan Bogor, Pengukuhan Prodiakon, dan Pembukaan KEP V
Gereja St. Herkulanus – Depok Jaya, Hari Raya Semua Orang Kudus, Minggu, 1 November 2015

011115 Pengucapan JanjiTidak seperti biasanya, Misa hari Minggu pagi yang biasanya dimulai jam 07:00, pagi itu dimulai jam 07:30.
Misa dipersembahkan secara konselebrasi, dengan selebran utama Bapa Uskup Keuskupan Bogor, Mgr. Paskalis Bruno Syukur, dengan konselebran Ketua Komisi Kateketik Keuskupan Bogor, RD. Andreas Bramantyo, dan Pastor Paroki St. Herkulanus, RD. Yustinus Dwi Karyanto.
Dalam Misa Hari Raya Semua Orang Kudus ini dilaksanakan:
1. pengutusan para katekis yang merupakan alumni Kursus Katekese Keuskupan Bogor Tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Paroki St. Herkulanus bekerja sama dengan Komisi Kateketik Keuskupan Bogor
2. pengukuhan Prodiakon Paroki St. Herkulanus
3. pembukaan Kursus Evangelisasi Pribadi (KEP) V
Sebagaimana diketahui, Paroki St. Herkulanus telah dicanangkan oleh Bapa Uskup sebagai Paroki yang berkatekese, sebagai pusat kegiatan katekese (Center of Catechism) Keuskupan Bogor. Sebagai salah satu wujud programnya adalah penyelenggaraan Kursus Katekase tersebut yang terbuka bagi umat di Keuskupan Bogor. Kursus dilaksanakan pada setiap Minggu jam 13:00-16:30 mulai 2 Agustus (dengan penyelenggaraan Seminar Iman Katolik) s.d. 25 Oktober 2015, bertempat di gedung sekolah St. Theresia, Depok, atau di gereja St. Herkulanus. Narasumber terdiri dari para Pastor, awam, dan Tim Komisi Kateketik Keuskupan Bogor yang memiliki kapabilitas sesuai materi yang diberikan.
Peserta seluruhnya berjumlah 64 orang, yang berasal dari 9 Paroki, yaitu Paroki St. Thomas-Kelapa Dua, St. Markus-Depok II Timur, St. Mathias-Cinere, St. Mateus-Depok II Tengah, St. Paulus-Depok Lama-St. Herkulanus, Keluarga Kudus-Cibinong, Maria Bunda Segala Bangsa-Kota Wisata, dan yang terjauh adalah Paroki St. Fransiskus Asisi-Cibadak. Keenam Paroki yang pertama merupakan Paroki Dekenat Utara Keuskupan Bogor.
Peserta diantaranya sudah berkecimpung dalam katekese, dan ada juga yang belum pernah sama sekali. Peserta tertua berusia 76 tahun, dari Paroki St. Thomas, sementara peserta termuda berusia 17 tahun, dari Paroki St. Herkulanus.
011115 Pemercikan oleh Bapa UskupSelanjutnya para katekis tersebut akan berkarya (ditugaskan Pastor Paroki) sesuai minat dan bakatnya, yaitu antara lain dalam/sebagai pendampingan BIA/BIR, pendidikan agama katolik untuk pelajar SD/SMP/SMA/mahasiswa, pembekalan baptis bayi, katekumenat dewasa, persiapan Komuni Pertama, persiapan Krisma, fasilitator di lingkungan, dan/atau fasilitator di kategorial.
Kursus Katekese ini merupakan kursus tingkat dasar, yang pada kesempatan berikutnya akan dilanjutkan dengan kursus katekese tingkat lanjutan, yang sifatnya lebih spesifik.
Sebagai tanda perutusan para peserta mengucapkan janji kesediaan untuk mencurahkan tenaga dan pikiran dalam karya katekese di masing-masing Paroki. Mereka juga menerima sertifikat sebagai tanda keikutsertaan dalam kegiatan kursus tersebut. Diharapkan mereka dapat mempraktekkan apa yang telah mereka peroleh selama kursus. Selanjutnya mereka akan ditingkatkan ketrampilan dalam berkatekese melalui seminar-seminar yang rencananya akan diadakan pada tahun 2016 di Paroki St. Herkulanus.
Dalam pesannya, Bapa Uskup antara lain menegaskan kembali bahwa misi Klerus, seorang Uskup adalah mengemban tiga tugas Kristus yakni sebagai Nabi (mengajar), sebagai Imam (memimpin perayaan Misa), dan sebagai Raja (memimpin umat). Di sini pentingnya keberadaan katekis dalam pengembangan iman umat Katolik sebagai perpanjangan tangan Uskup melaksanakan tugas mengajar. Oleh karena itu penting bahwa kegiatan-kegiatan Keuskupan didekatkan dengan atau berada pada umat sehingga Paroki-paroki menjadi pusat-pusat kegiatan, dengan ke-khas-an masing-masing. Paroki St. Herkulanus menjadi pusat kegiatan katekese Keuskupan Bogor. Selamat berkarya.
(E. Toni W., RD. Yustinus Dwi Karyanto, Clara C. Maria Imm. Wara Wulandaru)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *