Pertemuan Dekanat Utara: Saling menguatkan dan Saling Meneguhkan Panggilan

Pertemuan Imam Dekanat Utara: Saling menguatkan dan Saling Meneguhkan Panggilan

dekanat1

Keuskupan – Komsos: Pagi yang cerah, saat beberapa romo terlihat duduk bersantai sambil menikmati secangkir kopi dan bolu kukus yang disajikan oleh ibu-ibu di meja ruang pertemuan. Memang jam dinding belum menunjukkan pukul 09.00 WIB yang berarti acara belum dimulai. Canda tawa karena sudah hampir dua bulan tidak ketemu, untuk sekedar melepas kangen dengan saling berbalas ejekan dan canda tawa ala romo mengisi ruang rapat yang sempit itu. Ya, suasana kekeluargaan yang sangat erat dan bersahabat itu adalah pertemuan para romo Dekanat Utara pada hari Selasa, 22 September 2015 di Paroki St. Herkulanus, Depok I. Pada acara yang dipimpin oleh RD. Joko selaku Romo Dekanat Utara itu, dihadiri oleh hampir semua romo yang berkarya di paroki-paroki yang ada di wilayah Dekanat Utara. Semuanya terlihat senang dan bahagia. Sembari menunggu teman-teman romo dan frater yang belum datang, ada sebuah terobosan baru yang diusulkan pada saat itu, yaitu dibuatnya grup Whatsapp Dekenat Utara. Hal ini tentu menjadi terobosan karena inilah salah satu cara untuk selalu menjalin komunikasi antara satu paroki dengan paroki lain, sehingga akan semakin mempererat persaudaraan.

"Panitia dari OMK sedang mempresentasikan rencana kegiatan"
“Panitia dari OMK sedang mempresentasikan rencana kegiatan”

Pertemuan ini diawali doa yang dipimpin oleh Diakon Eko, kemudian dilanjutkan dengan Study bersama. Study bersama adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk saling bertukar ide dan belajar bersama. Yang membawakan study bersama ini adalah Romo Haruna. Ada pun tema yang diangkat adalah Perubahan Perutusan Gereja yang merupakan bab satu dari Seruan Apostolik Paus Fransiskus yaitu Evangelii Gaudium. Menjadi tema yang luar biasa untuk ditanggapi dan bahkan beberapa pertanyaan dan pernyataan muncul saat study bersama para romo ini. Ada yang mengatakan bahwa ini menjadi bahan yang susah untuk di praktekkan, ada yang mengatakan ini merupakan sesuatu yang sangat berguna dan lain sebagainya. Semua itu sangat memberikan masukan pengetahuan yang baru dalam semakin menjalani hidup panggilan.

Setelah study bersama, dilanjutkan dengan pembahasan-pembahasan mengenai masalah parokial, Dekanat, dan kategorial lainnya. Selain hal-hal itu, pada pertemuan ini juga dipresentasikan mengenai acara One Day OMK 2015 yang akan diselenggarakan di paroki St. Paulus. Antusiasme para romo dan frater dalam mendengarkan presentasi ini menggambarkan dukungan atas acara itu. Masukan, saran, dan mungkin sedikit kritik untuk kegiatan yang direncanakan merupakan masukan yang luar biasa bagi para OMK yang hadir untuk menjadi semakin baik dan matang. Acara yang terakhir adalah makan siang bersama. Sebelum makan siang, acara pertemuan para romo dan frater se-Dekanat Utara ditutup dengan doa yang dibawakan oleh Romo Adi.

dekanat2Setelah doa, tidak lupa acara disambung dengan berfoto bersama dan akhirnya romo-romo dan frater bersama menyantap hidangan yang disediakan oleh tuan rumah yaitu kupat tahu Magelang, sop iga, dan tongseng. Canda dan tawa kembali lagi menghiasi ruangan pastoran sambil diselingi suara bernturan sendok dan piring. Semuanya terlihat senang dan bahagia. Suasana dan acara inilah yang akan selalu mempererat persaudaraan dan peneguhan. Terima kasih (Fr. Fransiskus Joko U)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.