Pertemuan Petugas Pastoral Dekanat Utara Keuskupan Bogor

Rabu, 4 Maret 2015 pukul 09.00 WIB, bertempat di Paroki St. Markus Depok Timur diadakan pertemuan Petugas Pastoral Dekanat Utara. Acara yang kali ini dihadiri 9 imam dan 5 frater ini merupakan pertemuan rutin sebagai ajang sharing dan tatap muka membahas seputar karya pastoral di Wilayah Dekanat Utara. Ada 4 agenda pembahasan yang dilontarkan oleh RD. Lucius Joko sebagai Dekan Dekanat Utara, yaitu: 1. Ucapan selamat datang, 2. Sharing pastoral masing-masing paroki, 3. Evaluasi Bogor Youth Day 2015, 4. Pembentukan pengurus.

Pada agenda pertama, RD. Lucius Joko mewakili para petugas pastoral yang hadir mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung untuk RD. Yustinus Joned yang telah kembali dari tugas misi di Asmat Papua dan mendapat tugas perutusan di Paroki St. Thomas Kelapa Dua-Depok. Setelah itu, RD. Joned diminta membagikan pengalaman pastoral selama 4,5 tahun berada di Asmat, Papua. Tidak berapa lama, kemudian dilanjutkan agenda kedua, yaitu sharing pastoral di masing-masing paroki. Beberapa paroki menyampaikan laporan mengenai perkembangan paroki dan kegiatan yang sudah dan akan dilakukan. Ada beberapa paroki juga menyampaikan beberapa kesulitan yang dialami dalam berpastoral di paroki. Beberapa peserta nampak antusias menyampaikan masukan-masukan berhubungan dengan kesulitan yang dihadapi.

Pada Agenda yang ketiga, evaluasi kegiatan Bogor Youth Day 2015. Paroki-paroki di Dekanat Utara meskipun mengirimkan perwakilan per paroki, namun dalam koordinasinya dilakukan bersama tingkat dekanat, sehingga evaluasi ini sengaja di agendakan sebagai bentuk kepedulian bersama akan gerak pendampingan Orang Muda Katolik di Wilayah Dekanat Utara. Pembicaraan dalam evaluasi ini begitu hangat. Para peserta sangat bersemangat membahas lika-liku pendampingan OMK di paroki. Agenda yang ketiga ini ditutup dengan sekilas informasi mengenai “Revitalisasi pendampingan OMK” yang pernah juga menjadi bahan tulisan dan penelitian RD. Joned.

Agenda keempat diumumkan Moderator dan Koordinator Bidang Pelayanan Dekanat Utara periode 2015-2018. Beberapa bidang yang dibentuk adalah: Liturgi, Kerasulan Keluarga, OMK, Lansia, FKUB dan Kerawam, PSE, Katekese, Panggilan, serta Studi Bersama. Diharapkan dengan pembentukan Moderator dan Koordinator Bidang yang baru ini, pelayanan terhadap bidang-bidang pastoral tersebut dapat diwujudkan dengan lebih baik lagi di Wilayah Dekanat Utara. Pertemuan Petugas Pastoral ini ditutup dengan makan siang bersama pukul 13.40 WIB.

(RD. Y. Joned-Komsos)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *