Pertemuan rutin bulanan Biro Ekologi Keuskupan kali ini terasa berbeda. Setelah selesai Temu Ekologi SMA pada awal Juni lalu, Biro Ekologi Keuskupan Bogor merencanakan kegiatan yang sama untuk mahasiswa/i di Keuskupan Bogor pada bulan September 2017. Rumah Retret CP Arca Domas di Pasir Muncang, Gadog  dan sekitarnya menjadi pilihan tempat untuk kegiatan ini. Sebagai persiapan, pada 20 Juni 2017 tim Biro Ekologi meninjau lokasi yang akan menjadi tempat berkegiatan.

Biro Ekologi Keuskupan, kali ini “full team”, ditambah Romo Piter sebagai Pastor Vikaris Mahasiswa turut dalam perjalanan. Romo Yulianus Enggo CP, biasa disebut Romo Yulius, sekaligus penanggungjawab acara temu Ekologi Mahasiswa, memimpin survey menuju lokasi yang hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 40 menit.

Perjalanan diketinggian kurang lebih 800 meter dpl di kaki gunung Gede Pangrango ini semakin menyadarkan betapa indah dan megah ciptaan Tuhan. Keanekaragaman tumbuhan yang ada di sisi kanan dan kiri jalan sebagai sumber oksigen terasa sangat menyegarkan. Jalan setapak yang beberapa bagiannya licin, pohon tumbang di sepanjang perjalanan memang harus dilalui dengan hati-hati.

Akhirnya, sampailah tim pada tujuan pertama yaitu Sungai Arcamanik, yang menurut Romo Yulius airnya bisa diminum langsung. Romo Piter mencoba minum air langsung dari sungai dan meyakinkan bahwa ciptaan Tuhan itu pasti baik.

Perjalanan dilanjutkan menuju lokasi ke 2 yaitu Sungai Baru Bolang, 10 menit dari Sungai Arcamanik. Di lokasi ini nantinya peserta akan mandi dan berendam. Kegiatan di kedua sungai yang berdekatan ini memang merupakan salah satu dari tiga sesi yang direncanakan pada Temu Ekologi Mahasiswa.

Tidak lama kemudian tim meninggalkan lokasi dan berjalan pulang lewat jalan yang sama. Meskipun lelah tapi tim Biro Ekologi gembira dan puas karena pada akhirnya dapat melakukan survey lokasi. (KCE)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on TumblrDigg thisEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *