Cinere-Keuskupan : Banyak dari kita yang memiliki kegemaran memelihara hewan. Tak jarang ada pula yang menjadikannya sebagai hobi. Beberapa orang mengatakan bahwa pilihan untuk memelihara dan menyayangi hewan menjadi cara tersendiri yang mengasyikkan menjalani hidup. Bahkan banyak juga yang menganggap hewan peliharaannya itu sebagai anggota keluarganya sendiri. Ada begitu banyak hewan yang dapat dijadikan peliharan semisal anjing, kucing, ayam, kelinci, hingga bahkan jenis lainnya yang tidak lazim seperti ular, iguana, tokek, laba-laba dan masih banyak yang lainnya.Hal ini menandakan bahwa kecintaan dan kepedulian manusia terhadap hewan sangatlah besar. Penghargaan kepada hewan sebagai sesama makhluk hidup justru menampakkan wajah manusia yang humanis; yang ramah pada segala jenis makhluk ciptaan Allah.

Pada lain sisi, mungkin saja beberapa dari kita pernah mendengar atau menyaksikan berita kekerasan terhadap hewan–hewan yang ada disekitar manusia, entah secara langsung maupun tidak.Berawal dari keprihatinan inilah, kami, Panitia Natal 2017 Paroki Santo Matias Cinere beserta para pecinta hewan dan Orang Muda Katolik (OMK) untuk mengadakan sebuah acara yang berjudul “Pets Blessing”pada hari Sabtu lalu (4/11/2017). Acara ini diadakan sebagai bentuk pemuliaan Sang Pencipta, Tuhan Allah kita yang telah menciptakan berbagai jenis mahluk. Di samping itu juga, acara ini digagas sebagai bentuk ungkapan sikap menghargai danmenyayangi hewan terutama hewan peliharaan para pecinta satwa. Acara ini dikemas sedemikian rupa dengan perayaan ekaristi dan pemberkatan hewan–hewan peliharaan para umat sebagai ungkapan rasa cintakepada hewan – hewan peliharaan tersebut. Beberapa umat juga menyatakan bahwa hewan–hewan itu pun dapat merasakan juga rasa cintamanusia pada mereka.

Perayaan ekaristi dipimpin oleh Romo F.A. Oki Dwi Hatmanto OFM,seorang imam Fransiskan dari Novisiat Transitus Depok.Perayaan ekaristi diadakan di halaman belakang pastoran gereja St. Matias dan dihadiri para umat beserta dengan hewan kesayangannya. Di dalam homilinya, Romo Oki menekankan kita harus berlaku sama kepada hewan sebagaimana juga kepada sesama karena kita semua adalah karya ciptaan Tuhan. Beliau juga menegaskan konsep pemberkatan ini bukan seperti halnya pembaptisan. Pemberkatan ini sama dengan ketika kita juga memberkati benda–benda kepunyaan kita sendiri seperti  halnya benda rohani, rumah, kendaraan, dan sebagainya. Maka otomatis hewan sebagai mahluk hidup, juga dapat kita berkati.

Setelah acara ini, rencananya panitia juga akan mengadakan “Flora & Fauna Festival” sebagai bagian darirangkaian acara yang akan diadakan di gereja Paroki Santo Matias Cinere pada tanggal 16 Desember 2017 mendatang. Kami berharap banyak yang dapat berpartisipasi dalam acara tersebut. Artikel ini pun juga sekaligus menjadi undangan bagi siapapun yang hendak ikut serta dan memeriahkan acara tersebut.Kamisemua berharap semoga acara ini semakin menyadarkan kita untuk semakin hidup bersatu dengan alam di bumi ini dan dapat menerapkan hidup ekologis di keseharian kita. Sampai jumpa para pecinta tumbuhan dan hewan di acara tersebut. Tuhan memberkati kita semua. (AKK)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on TumblrDigg thisEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *