SATUKAN SEMANGAT OMK MEMBANGUN HARAPAN

OMK merupakan komunitas Orang Muda Katolik yang mempunyai semangat muda yang tinggi dengan menciptakan kegiatan – kegiatan yang mampu mendorong kemajuan gereja dan dunia yang lebih baik. Dan benar saja, semangat jiwa muda tersebut mampu menunjukan rasa antusiasme OMK Keuskupan Bogor yang begitu besar, itu semua terlihat dalam acara Pleno Komisi Kepemudaan Keuskupan Bogor yang telah diadakan pada 26 – 27 April 2014 kemarin yang dihadiri 17 Paroki di Keuskupan Bogor. Menurut RD. Habel Jadera sebagai ketua komisi kepemudaan bahwa acara ini diadakan sebagai wadah Seksi Kepemudaan dan Pengurus OMK Paroki Sekeuskupan Bogor untuk bersama- sama berkumpul, saling mengenal, sekaligus saling bertukar pikiran mengenai program dan kinerja yang telah dilakukan maupun yang akan dilakukan oleh masing-masing OMK.

Seperti apa kegiatan pleno OMK Keuskupan Bogor kemarin? ini dia….. check this out

Tepatnya malam hari, 26 April 2014 acara dimulai dengan sapaan hangat oleh kakak – kakak panitia komisi kepemudaan yang begitu ramah. Tidak sampai disitu, keceriaan ini berlanjut hingga sesi games dan sesi perkenalan diri. Pada sesi games binar – binar keceriaan mulai terlihat, tawa kami mulai membakar seluruh isi acara hingga pada akhirnya sesi perkenalan diri. Pada sesi ini dapat dikatakan keberanian kami serta gaya uniknya kami memperkenalkan diri sebagai omk yang berjiwa muda mulai di uji, raut wajah senang, lucu, unik, sekaligus sedikit rasa malu semua tumpah ruah disini, hal ini membawa kita semakin dekat dengan OMK lainnya. Tidak hanya itu, kami pun semakin mengenal satu dengan lainnya. Setelah, menghabiskan waktu yang cukup lama dengan tawa riang gembira, waktunya kami untuk menambah asupan energi agar semangat jiwa muda kami tidak memudar sedikitpun. Terekam jelas bahwa hari itu tepatnya di meja coklat tersebut, kami makan bersama –sama dengan omk lain, di meja coklat itu pula kami mulai saling sharing, saling bercerita, dan saling mendengarkan. Bahkan kami melihat tak ada rasa sedih, takut, yang terekam dalam wajah wajah OMK, justru yang terlihat adalah wajah harapan, wajah sukacita yang mewarnai acara pleno waktu itu. Acara tersebut berlanjut hingga pada sesi bertukar pikiran dengan mempresentasikan program-program kerja OMK yang telah tercapai, belum terealisasikan hingga program atau kegiatan kegiatan yang akan dijalankan. Disini kami mencoba untuk bisa saling sharing, saling terbuka sehingga kami pun dapat saling mengerti satu sama lainnya, dapat saling bertukar pikiran mengenai masalah – masalah yang kini sering terjadi. Semua terlihat penuh harapan, penuh semangat untuk dapat selalu memajukan OMK Keuskupan Bogor ini. Tekad serta niat yang kuat terpancar dari dalam diri omk itu sendiri. Walau terkadang kami cukup ragu dalam melangkah namun melalui semangat kita, serta dukungan dari banyak pihak khususnya dukungan yang terpancar dari Uskup Bogor, Mgr. Paskalis Bruno Syukur, OFM serta Ketua Komisi Kepemudaan RD. Habel Jedera kami PASTI BISA!. Dan tak disangka waktu telah mengharuskan kami untuk mengakhiri acara pada malam hari ini dan esok kembali dilanjutkan.

Pagi hari untuk mengobarkan kembali semangat muda OMK Keuskupan Bogor acara dilanjutkan dengan melakukan outbound yang sangat menantang adrenalin, keberanian, kerjasama dan kekompakkan kami. Bermacam – macam ekspresi wajah mulai dari rasa takut, rasa penasaran, rasa keberanian dan lainnya menjadi bumbu pemanis hari terakhir kami. Bahkan beberapa dari kami yang awalnya merasa takut, mereka mampu menghadang rasa takut tersebut. Itu karena satu tindakan sederhana yaitu saling menyemangati antar satu dengan lainnya itulah kunci utama kerja sama kami sebagai OMK yang berkarakter. Hingga sampai pada akhirnya di penghujung acara, sebelum mengakhir acara ini RD. Habel Jadera memberikan beberapa pengarahan kepada kami dengan sangat baik. Acarapun ditutup dengan perayaan Ekaristi bersama-sama dan kita kembali membawa semangat dan sukacita yang baru, yaitu “menjadi OMK Keuskupan Bogor yang Bangkit Bersama Kristus”.

Point utama yang dihasilkan selama pleno komkep 2014 :

Kita semua dapat berpartisipasi dalam pastoral OMK
Kita bersyukur, karena Pendampingan dan Pastoral OMK di Keuskupan Bogor didukung oleh pelaku-palaku pastoral OMK yang beragam yang mewujudkan Gambaran Gereja yang merasul.
Pelaku-Pelaku Pastoral OMK itu adalah Bapak Uskup sebgai Gembala Utama di Keusukkupan Bogor ini. Dan Kita bersyukur bahwa Mgr. Paskalis menitikberatkan Pastoral OMK sebagai fokus pastoral di masa-masa awal penggembalaannya.
Para Pastor Paroki dan pastor-pastor moderator OMK merupakan pelaku-pelaku pastoral yang seharusnya kreatif. RD. Habel Jadera mengingatkan “Sungguhpun, Para Iman mempunyai Kewajiban terhadap semua orang, hendaknya mereka secara istimewa bertanggung jawab atas KAUM MISKIN dan LEMAH. Hendaknya secara khas pula mereka memperhatikan GENERASI MUDA ….” (Presbyterorum Ordinis 6)
Selain itu, para pelaku pastoral lainnya adalah Para pembina dan penggerak awam lainnya. Sebagai Orang Muda Katolik, Kita hendaknya menjadi Garam dan Terang Dunia bagi sesama.

Program Komisi Kepemudaan :

  1. Konsilidasi : Dapat merangkul ataupun merekrut orang muda katolik dalam kegiatan menggereja
  2. Komunio : Jika sudah tercapai konsilidasi maka dilanjutkan dengan mengumpulkan orang muda Katolik
  3. Kontinuitas: Jika telah tercapai konsilidasi dan komunio maka terakhir adalah melakukan pembinaan bagi orang muda Katolik agar tetap sejalan dengan visi misi Keuskupan Bogor
    • Kaum Muda yang berkarakter merupakan aset masa depan gereja
    • Keuskupan Bogor : “Mengupayakan terbekalinya kaum muda untuk berpartisipasi secara penuh dalam kehidupan masyarakat dan gereja.”

Kesimpulan

Dari pertemuan pleno Komisi Kepemudaan Keuskupan Bogor 2014 didapat bahwa dengan diadakannya beberapa kegiatan-kegiatan seperti ini dapat menumbuhkan kedewasaan iman kita, dapat pula saling meneguhkan, saling bertukar pikiran mengenai program-program kegiatan yang dilakukan dibeberapa gereja. Dengan demikian, kegiatan seperti diatas tidak cukup hanya diadakan sekali saja namun perlu diadakan beberapa kali, hal ini bertujuan agar OMK semakin menemukan identitas diri, semakin termotivasi dan semakin aktif dalam kegiatan menggereja.

INFO KEGIATAN OMK Keuskupan BOGOR
1. “OMK Bogor Bersyukur” Misa OMK bersama Uskup Bogor, Katedral Sabtu, 19 Juli 2014

Gabriela Alodia Daryanto

Paroki St. Yakobus Rasul Megamendung

(Editor: RD. Habel Jadera)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on TumblrDigg thisEmail this to someone
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *