PMKRI Cabang Bogor Melantik Dewan Pimpinan Cabang Periode 2018-2019

Hujan deras yang mengguyur kota Bogor tidak menghalau semangat para pengurus dan anggota Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Bogor St. Joseph a Cupertino untuk berkumpul di Aula Marga Putra, Sekretariat PMKRI Cabang Bogor yang terletak di Jalan Riau 2 No. 3, Bogor. Sabtu sore itu (3/3/2018), mereka berhimpun untuk melaksanakan kegiatan pelantikan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PMKRI Cabang Bogor untuk periode 2018-2019.

Acara dibuka dengan perayaan Ekaristi sebagai bentuk syukur dan peneguhan bagi pengurus yang baru. Misa dipimpin oleh Pastor Moderator PMKRI Cabang Bogor RD. Paulus Piter. Setelah misa, acara dilanjutkan dengan prosesi serah terima jabatan dari DPC periode 2017-2018 kepada DPC periode 2018-2019. Oktavianus Nahak Tetik terpilih menjadi ketua DPC PMKRI Cabang Bogor periode 2018-2019 melalui pemilu yang dilaksanakan dalam Rapat Umum Anggota Cabang (RUAC) Bogor pada Januari 2018 silam. RUAC sendiri merupakan lembaga legislatif tertinggi di tingkat cabang.

Pada kesempatan ini, RD. Paulus Piter memberikan sambutan dan pesan-pesan bagi DPC yang baru dilantik. “Sebagai umat Katolik, kita memiliki tugas yang berat dalam menginternalisasikan sekaligus menerapkan nilai-nilai kristianitas, fraternitas dan intelektualitas di dalam masyarakat. Dengan dijiwai spirit kekatolikan, nilai-nilai ini harus benar-benar diterapkan,” tegasnya.

Siprianus Joseph Kerobi Sogen, Ketua Demisioner periode 2017-2018 juga menuturkan pesan yang senada dalam sambutannya. “Kita adalah orang-orang yang dipilih Tuhan untuk membela Gereja dan bangsa. Kita harus merawat kebhinekaan. Selamat menjalankan amanah yang diberikan kepada adik-adik. Pro ecclesia et patri!” ungkapnya. Ketua Presidium terpilih periode 2018-2019 Oktavianus Nahak Tetik juga menyampaikan pesan bagi rekan-rekannya, “Semoga kita selalu bisa bersinergi sesuai dengan fungsi kita masing-masing. Tentunya tetap satu tujuan, yaitu untuk membela mereka yang papa, dan kita harus tetap menjaga toleransi khususnya di kota Bogor tercinta ini.”

Diskusi Gerakan Mahasiswa Zaman Sekarang

Selain dihadiri oleh para alumni PMKRI Cabang Bogor yang selalu memberikan dukungan kepada adik-adiknya, acara pelantikan itu diramaikan juga oleh kedatangan para perwakilan dari organisasi-organisasi kepemudaan lainnya. Perwakilan yang hadir antara lain dari PMKRI Cabang Yogyakarta, PMKRI Cabang Siantar, PMKRI Cabang Jakarta Pusat, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), dan Himpunan Mahasiswa Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Indonesia (HMII).

Tak hanya menghadiri pelantikan, para perwakilan organisasi ini juga berdiskusi seputar gerakan mahasiswa zaman sekarang. Tema ini diangkat menjadi pokok pembahasan karena banyaknya organisasi mahasiswa zaman sekarang yang terlena dengan kepentingannya masing-masing, hingga lupa dengan adanya suatu kepentingan bersama. Mereka membahas bagaimana gerakan mahasiswa zaman sekarang perlu bercermin pada solidaritas mahasiswa Indonesia di masa lampau, misalnya pada era reformasi. Kendati organisasi-organisasi mahasiswa pada zaman itu pun memiliki corak dan orientasi kegiatan yang berbeda-beda, mereka berhasil menyatukan suara dan kekuatan untuk mencapai kebaikan bersama. (Humas/PMKRI Bogor)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.