Pribadi Penyebar Berkat Berawal dari Bertobat

Renungan Harian Jumat, 25 Januari 2019

Bacaan : Kis 22:3-16 atau Kis 9:1-22, Mrk 16:15-18

Pesta Bertobatnya St. Paulus, Rasul

Peristiwa bertobatnya Santo Paulus merupakan sebuah keteladanan iman yang sangat baik. Santo Paulus merupakan salah satu pewarta yang ulung, penuh semangat dan “passion” untuk memberikan nasihat, arahan dan petunjuk iman sebagaimana hidupnya pun diubahkan oleh Allah. Seorang penjahat diubahkan oleh Allah menjadi seorang rasul; pribadi yang dulu mengejar pengikut Kristus kini menjadi pengikut Kristus yang berdedikasi tinggi.

Setiap kali kita merayakan Ekaristi, hidup kita pun ditranformasi oleh Allah dari pribadi pendosa menjadi pribadi penuh berkat yang siap diutus. Perayaan Ekaristi selalu diawali dengan ritus tobat dan diakhiri dengan berkat. Setiap orang yang telah diberkati Allah diutus untuk mewartakan kabar baik kepada setiap makhluk. Seperti yang tertuang juga dalam Injil harı ini “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah injil kepada segala makhluk”. Pewartaan injil tiada lain adalah memberitakan dan menjadi tanda harapan, selamat dan sukacita.

Semoga sepanjang hari ini kita dimampukan menjadi pribadi yang memberikan sukacita, optimisme dan keselamatan melalui perkataan, pemikiran dan perbuatan kita. Semoga hari ini saya lebih banyak membuat orang lain tersenyum daripada marah; membuat bumi ini tetap lestari karena tidak meninggalkan sampah; membuat setiap orang bahagia karena mampu bersikap ramah; serta tetap taat dan setia dalam setiap masalah karena yakin bahwa hidup ku dipimpin oleh Roh Allah.

Penulis : RD David

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.