Raker Para Uskup Regio Jawa Tahun 2015

RAKER PARA USKUP REGIO JAWA TAHUN 2015

Purwokerto, 9 – 11 Juni 2015

IMG_3065

Para Uskup Regio Jawa (Surabaya, Malang, Semarang, Purwokerto, Jakarta, Bandung, dan Bogor) dari tanggal 9-11 Juni 2015 melaksanakan pertemuan para uskup di Purwokerto dengan Keuskupan Purwokerto sebagai tuan rumah. Pertemuan ini biasa dilakukan setiap tahun dengan tempat bergantian di Keuskupan di Pulau Jawa. Pertemuan ini dilakukan sebagai sarana saling bertukar pikiran, informasi, belajar bersama para uskup seregio jawa. Biasanya juga dalam pertemuan ini para Uskup mengajak Staf Keuskupan (Vikjen, Sekjen, Vikyud dan Ekonom) dalam pertemuan tersebut. Pada pertemuan ini, Mgr. Paskalis Bruno Syukur  menjadi moderator kegiatan.

Satu hari sebelum pertemuan para Uskup ini, biasanya diadakan pertemuan para Ekonom Regio Jawa. Pertemuan para Ekonom ini juga bersisi saling tukar pikiran dan belajar bersama dalam mengelola harta benda Gerejani.

Selain Ekonom Keuskupan, para Vikaris Yudisial se-regio jawa juga tahun ini mengadakan pertemuan sebelum pertemuan para Uskup ini guna menyikapi dan menyususn rencana memperbaharui Statuta Keuskupan Regio Jawa.

Hari Pertama dimulai dengan Perayaan Ekaristi oleh Mgr. Julianus Sunarka dilanjutkan dengan penyambutan para uskup dan imam dengan tarian dan lagu khas dari Purwokerto. Setelah acara penyambutan yang hangat dan meriah, dilanjutkan makan malam. Pukul 19.45, Romo Vikjen Keuskupan Purwokerto menyampaikan panorama Keuskupan seputar visi, misi, dan rencana strategis Keuskupan Purwokerto. Acara hari pertama di tutup dengan Doa Malam (Completorium).

IMG_3069

Pada hari kedua pertemuan, terlihat para peserta masih segar untuk memulai kegiatan hari ini. Pukul 06.00, Nampak mereka mulai berkumpul untuk merayakan berdoa dan ekaristi yang dipimpin oleh Mgr. Herman Joseph Pandoyoputro. Setelah sarapan, session dilanjutkan dengan mendalami Visi, Misi, dan rencana strategis Paus Fransiskus. Setelah rehat, dilanjutkan dengan sharing tentang “Gaya Kepemimpinan Jokowi” oleh Bapak J. Kristiadi dan Bapak Laurentius Budi Setiawan (Wakil Bupati Banyumas). Setelah sharing tersebut, peserta diajak berkunjung ke SLB Wonosobo.

Secara umum, gambaran acara pertemuan Regio jawa adalah sebagai berikut:

  • Panorama Keuskupan Purwokerto yang disampaikan oleh Vikjen Keuskupan Purwokerto. Berisi antara lain : Mendalami Visi, Misi dan Strategi Keuskupan Purwokerto; Karya Pelayanan Pastoral Keuskupan Purwokerto
  • Mendalami Visi, Misi dan Strategi Paus Fransiskus oleh RP.Kris Purwono SJ.
  • Gaya Kepemimpinan Presiden Joko Widodo oleh J. Kristiadi
  • Guliran Kepemimpinan Jokowo di Wilayah Banyumas oleh Bp. dr. Laurentius Budhi Setiawan ( Wakil Bupati Banyumas)
  • Berkunjung ke SLB di Wonosobo bersama Pem.Kab. Wonosobo
  • Mencermati Masalah Keluarga Bahan SAGKI 2015 dan Sinode Para Uskup di Vatikan yang disampaikan oleh Mgr. Ign. Suharyo
  • Capita Selecta Temu Komkat Seregio Jawa oleh RD. FX. Sugiyana

Sesuai jadwal bergilir, maka pertemuan tahun 2016 akan bertempat di Bogor.

RD. Hary & RD. Monang Damanik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *