Rayakan HUT Brimob, Paroki Santo Thomas Inisiasi Misa Hari Pahlawan dan Peringatan HUT Brimob ke-73

Kelapa Dua – Komsos :  “Anggota Brimob dan Pastor itu memiliki kesamaan. Pertama, ketaatan pada tugas dan utusan dari pimpinan. Kedua, bekerja melawan kekuatan-kekuatan yang bukan berasal dari Roh Allah. Tadi siang saudara upacara bersama komandan, malam ini kita harus upacara juga dengan Komandan Agung kita, Yesus”, demikianlah permenungan Romo David dalam homilinya pada Misa Hari Pahlawan dan HUT Korps Brimob Polri ke- 73.

Paduan Suara Bhayangkari dan anggota Brimob dalam misa hari pahlawan dan HUT Brimob di Gereja St. Thomas Kelapa Dua. (Foto: Rani)

“Anggota Brimob Katolik sebagai abdi negara harus tetap ingat dan menghidupi identitasnya sebagai abdi Kristus”, tambahnya. Berjalan bersama Allah dalam menjalankan tugas membawa keselamatan pada negeri menjadi sebuah keutamaan seorang anggota Brimob yang beriman pada Kristus. “Jangan tingalkan Kristus. Itulah sebabnya Gereja dan tempat ibadah lainnya ada di depan kawasan Mako Brimob agar kita selalu ingat Tuhan”, tegas Romo David. 

Mematri Jiwa Brimob

Anggota Brimob Kelapa Dua rayakan misa hari pahlawan bertepatan dengan HUT Brimob ke-73 di Gereja Santo Thomas Kelapa Dua. (Foto : Rani)

Misa Hari Pahlawan yang disatukan secara istimewa bertepatan dengan HUT Korps Brimob ke-73 merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan di Paroki Santo Thomas yang secara de facto gereja ini berada di kawasan Mako Brimob. Gagasan ini disambut baik oleh anggota Brimob Katolik Kelapa Dua dan dalam waktu dua hari dikemaslah secara swadaya kegiatan ini. Misa diselenggarakan Pkl. 18.00 dengan iringan koor dadakan dari paduan Ibu-ibu Bhayangkari dan anggota Brimob. Umat dan anggota DPP DKP Paroki Santo Thomas hadir pula sebagai bentuk dukungan dan persaudaraan. Anggota Brimob beserta keluarga rayakan Misa dengan penuh sukacita. Bahkan dalam Misa para anggota Brimob kembali mematri identitas dan jiwa mereka sebagai anggota Brimob dengan melantangkan Janji Brimob yang disusul dengan pemercikan air suci oleh imam. Semboyan Brimob” Sekali melangkah pantang menyerah; sekali tampil harus berhasil” menguatkan inisiasi Misa khusus anggota Brimob beserta keluarga ini.

Sinergi Iman

Romo Dion (Pastor Paroki) dalam acara ramah tamah HUT Brimob di aula Paroki St. Thomas. (Foto : Rani)

Dalam sambutannya, Romo Dion selaku Pastor Paroki menyambut gembira Misa ini. Tim pastores Paroki Kelapa Dua sepakat untuk menguatkan identitas Gereja Katolik Kelapa Dua sebagai Gereja Brimob yang hadir mensinergikan anggota Brimob dalam pelayanan gereja dan sebaliknya. “Anggota Brimob kini sudah ada yang masuk dalam Dewan Gereja. Saya pikir di kemudian pun perlu adanya prodiakon dari anggota Brimob”, pungkas Romo Dion.

Mgr Paskalis kirimkan video ucapan selamat HUT Brimob ke-73. (Sumber: Komsos Keuskupan Bogor)

Bapak Octorolas Simbolon selaku ketua panitia sekaligus juga wakil ketua III DPP Gereja Santo Thomas dalam sambutannya menyampaikan ungkapan syukurnya bahwa Brimob menjadi perhatian gereja. Baru pertama kali kami mengadakan ini dan kami bersyukur atasnya.

Video Ucapan Mgr Paskalis

Disela-sela kesibukannya mengikuti Sidang Sinodal KWI (Sidang Para Uskup), Mgr Paskalis memberikan video ucapan selamat HUT kepada seluruh anggota Brimob. Video tersebut mendapat sambutan bahagia dari seluruh anggota Brimob. Spontan, rasa syukur dan terima kasih atas perhatian Bapa Uskup pun dibalas dengan video dari para anggota Brimob bersama kedua imam di Paroki Santo Thomas dan segera dikirimkan kepada Bapa Uskup Mgr Paskalis. Bapa Uskup Mgr Paskalis mengucapkan terima kasih kepada anggota Brimob yang telah menjadi bagian untuk menjaga keamanan dan kesatuan NKRI. Selebihnya dalam sambutannya Bapa Uskup mengajak agar anggota Brimob semakin menunjukkan nilai kekatolikan dalam menjalankan perutusan sebagai abdi negara.

Acara dimeriahkan dengan pemotongan tumpeng, ramah tamah dan hiburan di aula paroki. Anggota Brimob bersama seluruh anggota keluarga mereka berkumpul merayakan kebahagian ini dengan sederhana namun sarat makna. Selamat HUT Korps Brimob Polri yang ke-73. Semangat pahlawan di dadaku, jiwa Kristus di hatiku. (RD David)

6 thoughts on “Rayakan HUT Brimob, Paroki Santo Thomas Inisiasi Misa Hari Pahlawan dan Peringatan HUT Brimob ke-73

  1. Lucia says:

    Dirgahayu Korps Brimob Ke – 73 … Terima kasih selalu pantang menyerah menjaga NKRI tercinta. Tuhan Memberkati. Amin.

  2. Ignatius Marcell. says:

    Selamat hari jadi Korp Brimob ke 73 semoga tetap jaya menjaga kesatuan persatuan NKRI terims kasih atas fasilitas utk umat Katolik Santo Thomas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.