Bandung-Keuskupan : Back to Nature and Save The Earth. Mungkin inilah ungkapan yang muncul ketika kita memasuki area Ecocamp Dago Pakar Bandung. Di bagian depan rumah komunitas pegiat pecinta lingkungan hidup ini tertera sebuah tulisan “Sahabat Lingkungan Hidup — Yayasan Eco Learning Camp Foundation”. Ecocamp mengusung motto “Manusia Berkualitas Merawat Bumi, Berguru Pada Bumi”. Saya bersama dengan para Romo, Bruder dan Suster, mengikuti retret ekologi selama satu minggu. Selama satu minggu, kami diajak untuk rehat dari rutinitas karya pastoral dan dibawa masuk ke dalam suasana alam. Adapun kegiatan retret ini diarahkan untuk penyadaran kembali atas karunia Tuhan yang begitu indah telah menciptakan alam semesta. Bumi yang merupakan satu diantara Milyaran Planet dalam Tata Surya Galaksi Bima Sakti (Milky Way). Bumi diantara milyaran bintang dan benda-benda langit di milyaran galaksi, merupakan planet istimewa karena hingga detik ini, hanya Bumilah yang diketahui sebagai satu-satunya planet yang menyelenggarakan kehidupan. Tuhan menciptakan Bumi rumah manusia dan segala makhluk hidup lainnya dalam proses yang sangat indah. Kami diingatkan kembali bahwa Bumi adalah Ibu Pertiwi. Bumi menopang dan menyediakan segala bentuk kehidupan baik di Udara, Darat dan Laut. Semua terselenggara hanya di Planet Bumi dan bukan Planet lain. Demikian sekilas permenungan mengenai Bumi Rumah kita bersama. Adapun kegiatan Retret tersebut diikuti oleh sekitar 25 peserta yang terdiri dari:

  1. Para Suster Kongregasi SND (14 Suster)
  2. Para Suster Kongregasi CB (4 Suster)
  3. Para Suster Kongregasi ADM (2 Suster)
  4. Para Imam Diosesan Bogor (3 Romo)
  5. Imam SCY (1 Romo) dan Bruder SCY (1 Bruder)

Kami para imam, bruder dan suster sungguh-sungguh merasakan bahwa mengelola hidup sehat dan sekaligus menjaga keutuhan dan kelestarian alam sekitar (Bumi) sungguh sangat penting. Dalam sesi yang kami ikuti tersebut kami diajak untuk mengupas tema-tema penting tentang upaya menjaga kelangsungan kehidupan dan me-refresh kembali pada pemahaman atas kehidupan anugerah Tuhan. Pembimbing Retret kami terdiri dari seorang imam Diosesan Bandung (Romo Fery), Seorang imam Serikat Yesus (Romo Sarwanto) Ibu Shierly dan Team Retret Ecocamp. Dalam kesempatan ini kami diajak untuk mengupas 3 tema besar pendalaman materi, yaitu:

  1. Ensiklik Laudato Si Paus Fransiskus
  2. Kumpulan Kutipan Tulisan Thomas Berry
  3. Alam Semesta

Lain daripada itu, kami juga diajari untuk meditasi alam, makan secara organik dan sikap-sikap untuk menghargai segala bentuk kehidupan, kerapihan dan kebersihan lingkungan serta melatih keheningan dalam waktu-waktu tertentu, khususnya saat hening pukul. 12.00 dan 15.00. Adapun nilai-nilai dasar dalam Edukasi Eco Learning Camp penjabarannya adalah sebagai berikut:

  1. Integritas: Kesatuan antara pikiran, perasaan, perkataan dan perbuatan.
  2. Semangat Berbagi: Memberi dan berbagi (pengetahuan, pengalaman, waktu atau materi atau lainnya) dengan rela dan tanpa pamrih.
  3. Alam: Kepekaan terhadap alam, sehingga muncul empati terhadap alam yang akan berujung kepada cinta kepada alam.
  4. Budaya: Bentuk interaksi dan kerjasama antar manusia untuk mencapai masyarakat yang lebih baik.
  5. Tanggung Jawab: Melaksanakan komitmen untuk menjaga, memelihara dan mengembangkan diri sendiri, masyarakat dan alam.
  6. Penghargaan: Menghargai diri sendiri, orang lain dan lingkungan hidup.
  7. Ilmu Pengetahuan: Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan, Tanah, Air dan Udara serta Energi dan Perubahannya.

Untuk menutup refleksi ini, kami tutup dengan sebuah ungkapan “Bumi kita satu dan Bumi kita jaga bersama demi kelangsungan hidup sekarang dan selanjutnya”. ( RD Augustinus Hardono )

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on TumblrDigg thisEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *