Safari Komsos Keuskupan Ke Dekenat Barat : Komsos Paroki Butuh Energi Muda

Tim Komsos Keuskupan bersama tim komsos Paroki Gereja Kristus Raja – Serang

Serang – Komsos : Dekenat Barat menjadi pamungkas dari seluruh rangakain safari Komsos Keuskupan Bogor. Bertempat di Aula Gabriel Gereja Paroki Kristus Raja, Komsos Keuskupan Bogor yang dipimpin oleh Romo David membawa timnya untuk  beraudiensi dengan para penggerak komsos paroki. Romo Berto sebagai pastor vikaris meyambut hangat kunjungan ini. Selain memperkenalkan karya-karya dan produk komsos keuskupan, safari ini bertujuan untuk mensinergikan komsos masing-masing paroki dengan keuskupan yang dipandang belum optimal. 

Safari komsos keuskupan yang pertama dilakukan di Dekenat Tengah yang meliputi 9 paroki bertempat di Aula Pusat Pastoral Keuskupan Bogor pada 10 Mei 2018. Safari kedua ke Dekenat Selatan pada 26 Mei 2018 bertempat di Aula Gereja Paroki Santo Josep Sukabumi. Safari ketiga berlangsung ke Dekenat Utara bertempat di Aula Gereja Paroki Santo Herkulanus. 

Berdasarkan hasil safari ini satu hal yang menonjol dari komsos-komsos paroki adalah miskinnya keterlibatan energi muda (orang muda) yang terlibat dalam bidang pewartaan digital. Orang muda itu adalah generasi yang paling akrab dengan dunia digital. Energi dan daya kreativitas orang muda dibutuhkan sekali untuk penyegaran pewartaan komsos-komsos paroki yang cenderung dipenuhi dengan generasi jadul. Komsos memiliki peran yang sangat penting terlebih dalam era digital ini untuk mewartakan pesan-pesan damai dan sukacita Injil sesuai dengan zamannya. 

Beberapa komsos paroki sudah mulai menggeliat menggunakan media-media yang dekat dengan orang muda seperti instagram (Komsos Paroki Cipanas) dan You Tube (Paroki Cibinong) sebagai media pewartaannya selain dengan media cetak melalui warta mingguan paroki. Keterlibatan dan dukungan para pastor dalam menuliskan renungan dalam pewartaan sabda Tuhan masih terasa belum optimal. Para penggiat komsos merindukan agar para romonya tidak sulit ketika dimintai tulisan-tulisan renungan sabda Tuhan. 

Kesulitan mendapatkan orang-orang yang mau membantu pelayanan komsos menjadi masalah langganan yang dihadapi hampir oleh setiap paroki. Melalui kegiatan safari ini diharapkan Komsos Keuskupan dapat membantu mencari cara-cara strategis untuk menghidupkan secara optimal peran komsos-komsos paroki dalam sinergitas dengan Komsos Keuskupan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.