Serah Terima Jabatan Pastor Paroki St. Petrus Cianjur

Minggu, 16 Desember 2014 terasa berbeda bagi Gereja St. Petrus Cianjur dengan kedatangan Bapak Uskup Mgr. Paskalis Bruno Syukur untuk memimpin perayaan Ekaristi yang dilanjutkan dengan acara serah terima jabatan Pastor Paroki dari RP Robertus Agung Suryanto pada RP Ignatius Widiaryoso.

Romo Widi, OFM sebelumnya bertugas di rumah pendidikan Fransiskan, Yogyakarta, sedangkan Romo Agung, OFM kini bertugas di Paroki St. Paskalis Jakarta. Dalam kotbahnya Bapak Uskup menekankan beberapa point, yaitu:

Panggilan dalam hidup keluarga. Tiap bagian dalam keluarga diutus untuk menjalankan panggilannya masing-masing baik sebagai suami, istri dan anak.
Panggilan sebagai umat Katolik. Bagaimana menjadi seorang Katolik yang beriman untuk dapat ikut terlibat dalam kehidupan menggereja dan setiap karya yang diberikan oleh Gereja Katolik. Salah satunya bisa diwujudkan dalam kebanggaan kita terhadap karya sekolah Mardi Yuana Cianjur.
Panggilan sebagai warga negara Indonesia. Bapak Uskup mengajak kami semua untuk ikut terlibat dalam kehidupan bermasyarakat dan berpolitik sesuai dengan Tema APP kita tahun 2014 “Bermasyarakat Dalam Terang Iman”

Setelah homili, acara dilanjutkan dengan serah terima jabatan Pastor Paroki yang diawali dengan pembacaan keputusan Uskup tentang pemberhentian dan pengangkatan Pastor Paroki oleh Romo Harry. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan dokumen-dokumen resmi oleh kedua Pastor yang disaksikan oleh Bapak Uskup Paskalis Bruno Syukur. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Romo Widi dan Romo Agung. Dalam sambutannya Romo Widi menyampaikan akan melanjutkan apa yang sudah dirintis oleh Dewan Paroki dan Pastor sebelumnya dan beliau berharap Dewan Paroki serta umat bisa tetap bersatu dalam upaya menjaga kebersamaan di paroki St. Petrus Cianjur.

Sambutan yang kedua dari Romo Agung yang diawali dengan sebuah nyanyian “Give Thanks”. Puji syukur atas tugas perutusan di Cianjur selama 6 tahun. Puji syukur atas kebersamaan yang terjalin antara Dewan Paroki dan umat St. Petrus Cianjur. Dan beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh umat dan mohon doanya agar beliau tetap sehat dalam menjalankan tugasnya.

Setelah Perayaan Ekaristi, acara dilanjutkan dengan pertemuan Bapak Uskup, para Pastur (Romo Agung, Romo Widi dan Romo Harry) dengan Dewan Paroki, para ketua lingkungan dan para pengurus kategorial. Dalam pertemuan ini banyak hal yang disharingkan pada Bapak Uskup. Mulai dari perkembangan gereja, karya sekolah dan kehidupan keluarga.

Sharing yang cukup menyentakkan hati banyak pihak dan Bapak Uskup dengan kebijaksanaannya menanggapi setiap sharing dan pertanyaan umat yang hadir. Sebagai penutup Uskup mengharapkan semua yang disharingkan hari itu menjadi pekerjaan bersama sebagai satu dinamika kehidupan menggereja dan bermasyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.