Sukacita Orang Muda Rayakan Hari Pangan Sedunia dan Sumpah Pemuda

Cibinong – Keuskupanbogor.org:  Orang muda harus selalu bangkit. Semangat dan kekuatannya harus mewarnai wajah Gereja masa kini. Demikianlah yang terjadi di Paroki Keluarga Kudus Cibinong pada Minggu kemarin (28/10/2018). Lima ratusan OMK PKKC berpakaian biru memeriahkan Peringatan Hari Pangan Sedunia yang disatukan dalam semangat peringatan Sumpah Pemuda dengan tema “Our Actions Are Our Future”. Bapa Uskup, Mgr. Paskalis Bruno Syukur hadir mempersembahkan Perayaan Ekaristi bersama OMK PKKC. Tim pastores PKKC, RD. Agustinus Suyatno, RD. Robertus Ari P., dan RD. Alfonsus Sombolinggi menjadi konselebran bersama dengan RD. Yosef, RD. Ridwan Amo (Ketua Komisi PSE Keuskupan Bogor), dan RD. Yustinus Joned (Pastor Paroki Johanes Baptista Parung). 

Suasana Misa HPS dan Sumpah Pemuda di PKKC. (Foto : Padro)

Dalam homilinya, Bapa Uskup Mgr. Paskalis berpesan agar kita yang percaya kepada Yesus punya tekad untuk membangun Gereja, Keuskupan yang maju dan memperhatikan untuk menjaga bumi ini. Bapa Uskup pun mengajak para OMK untuk terus mencintai, membangun Gereja dengan semangat sumpah pemuda, serta saling merawat kebersamaan di masa ini.   

Mgr Paskalis memberkati stasi jalan salib di PKKC. (Foto: Padro)

Usai Misa, Bapa Uskup dan para romo bertolak keluar gereja untuk melaksanakan pemberkatan area Jalan Salib yang ada di halaman Gereja. Hujan gerimis tidak mengurangi rasa sukacita para umat dan OMK untuk ikut perarakan pemberkatan jalan salib tersebut. Usai pemberkatan Jalan Salib, para orang muda yang berpakaian seragam CYD (Cibinong Youth Day ) berkumpul bersama di depan gereja dan merayakan penutupan acara CYD dengan menyanyikan jingle Cibinong Youth Day sambil menari dengan gerakan mereka. Hujan gerimis tetap turun dan sangat terlihat semangat orang muda tetap membara untuk terus menari. Semangat orang muda tersebut turu dirasakan Bapa Uskup dan Romo Agustinus Suyatno, yang kemudian ikut di tengah-tengah kerumunan Orang Muda untuk menari bersama.

RD Eeng dan HPS di Paroki St. Andreas Sukaraja. (Foto : Janny)

Bila di Paroki Keluarga Kudus Cibinong HPS (Hari Pangan Sedunia) dirayakan bersama orang muda, di Paroki Santo Andreas Sukaraja, HPS dirayakan bersamaan dengan pelantikan para pengurus wilayah dan lingkungan pada hari Minggu (21/10/2018). Perayaan Hari Pangan Sedunia 2018 yang sejatinya diperingati setiap tanggal 16 Oktober menjadi sebuah ajakan bersama untuk bersyukur dan berbagi pangan. Konferensi Waligereja Indonesia dalam HPS 2018 ini mengajak segenap umat untuk menciptakan dan membudayakan keluarga sebagai komunitas berbagi pangan. (Padro-RD David)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.