Tahbisan Diakonat di Kapel Seminari Tinggi St. Petrus Paulus

DSC02175 FSH_3241 EDIT IMG_0436Keuskupan – Komsos —  Bertindak selebran utama, rabu, 26 Agustus 2015, Pkl. 17.00 WIB, Mgr. Paskalis Bruno Syukur, OFM menahbiskan 5 orang frater untuk menjadi diakon, didampingi imam konselebran RD. Nikasius Jatmiko (Rektor Seminari Tinggi St. Petrus Paulus) dan RP. Valentinus CSE. Empat frater berasal dari Keuskupan Bogor dan satu frater dari CSE. Mereka adalah Fr. Yulisu Eko Priyambodo, Fr. Alfonsus Sombolinggi, Fr. Heribertus Susanto Wibowo, Fr. Bartolomeus Wahyu Kurniadi dan Fr Eugene de Jesu CSE. Perayaan Ekaristi Tahbisan Diakonat kali ini dirayakan secara berbeda. Bertempat di Kapel Seminari Tinggi St. Petrus Paulus, Bandung, dengan panitia yang seluruhnya adalah frater seminari tinggi bersama dengan para formatornya, rangkaian upacara Tahbisan Diakonat ini diselenggarakan secara sederhana dan khidmat. 38 imam dari Keuskupan Bogor bersama juga Pastor Abi dan Pastor Bayu dari Gereja Hati Tak Bernoda Santa Perawan Maria, Buah Batu, yang menjadi tetangga Seminari Tinggi St. Petrus Paulus, turut serta dalam perayaan syukur ini. Umat dari Bogor dan sekitaran seminari turut serta hadir, mendoakan dan bersukacita bersama.

Dalam homilinya, Bapa Uskup mengajak agar para diakon ini menjadi pelayan sabda Allah siang dan malam. Sebagai seorang diakon, mereka menjadi bentara Sabda Allah ; membaca Alkitab, meyakininya, mengajarkannya dan melakukannya. Itulah makna rahmat tahbisan diakonat. Beliaupun menyampaikan sebuah pesan singkat yang dikirimkan salah seorang umat ke telepon selularnya. Dalam pesan singkat tersebut tersurat sebuah harapan agar para diakon ini berani melakukan hal-hal yang benar bukan karena terpaksa, takut atau disuruh. Para calon diakon ini telah menempuh perjalanan panggilan yang begitu rupa sehingga pada saatnya Tuhan memilih mereka untuk menganugerahi mereka rahmat Tahbisan Diakonat.

Bapak Albertus Kasiran (orang tua Fr Diakon Heribertus) yang mewakili para orang tua dari frater tertahbis, beliau menyampaikan ungkapan syukurnya bahwa Tuhan boleh memilih putera-putera mereka untuk menjadi pelayan Tuhan. Sementara itu Fr. Diakon Eko yang mewakili teman-temannya menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada semua orang yang berjasa dalam mendampingi dan membimbing perjalanan panggilan mereka dengan penuh kesabaran hingga pada kesempatan penuh syukur ini mereka diperkenankan menerima rahmat Sakramen Tahbisan Diakonat.

Usai Perayaan Ekaristi, acara Tahbisan Diakonat ini dimeriahkan dengan acara ramah tamah sederhana diiringi hiburan yang dipersiapkan oleh para frater di depan teras seminari. Panggung sederhana bagi para bintang tamu yang disediakan untuk menyemarakkan acara ini. Sungguh sebuah perayaan iman yang sangat membahagiakan baik bagi para frater tertahbis bersama keluarga dan bagi semua umat beriman. Kita doakan agar para diakon terpilih ini mampu menjalankan tugasnya dengan baik dan penuh sukacita. Selamat kepada para frater diakon dan keluarga. Tuhan memberkati.

RD. David
(photo: Paulus Pera)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.