Nama/Pelindung : Santo Yakobus
Buku paroki : 1984
Alamat : Jl. Kelud, Komp. Pertamina,Cipayung,Megamendung 16770, BOGOR
PO Box 53, Kopo Cisarua 16750
Telepon (0251) 8252919, Fax (0251) 8251921
Pastor Paroki : RD. Marcus Santoso

Paroki ini dirintis pendiriannya oleh kelompok pejabat Corps-Diplomatic (CD), Staf dan peserta Pelatihan Kepolisian Megamendung, Mahasiswa Akademi Pertanian, Keluarga Bapak Van Musik, Keluarga Bapak Mailoa, Keluarga Bapak Sinsoe, Keluarga Bapak Heatubun, Keluarga Bapak Soetioso, Keluarga Bapak Karel, dan keluarga Ibu Bali.
Pada tahun 1956 Pastur de Ridder. OFM. Conv., bersama-sama dengan umat perintis melaksanakan Perayaan Misa pertama di Villa Gedeh (Jalan Kelud, Kompleks Pertamina, Megamendung). Kemudian, pada tahun 1960 Pastur van de Zwaan OFM bersama umat perintis, seperti Bapak Sinsoe, Bapak Mailoa, Bapak Yoseph, Bapak Soetioso, dll mendirikan sebuah Kapel di tempat Gereja sekarang, tidak jauh dari Villa Gedeh. Tahun 1965 Kapel Megamendung direnovasi yang masih dipimpin oleh Pastur van de Zwaan, OFM. Antara tahun 1969-1970 Pastur EJ. Rijper, OFM. mendirikan sebuah Gereja baru di tempat sekarang. Semasa Pastur Robert Lefebre, MM menjabat pastor Paroki Megamendung (1984-1989), beliau menambah ruang Koster serta merenovasi Gereja.
Melihat kondisi Gereja masih perlu direhabilitasi, maka tanggal 25 Agustus 1992 dirintislah Pembentukan Panitia Pembangunan/Rehabilitasi Gereja Megamendung oleh Pastur Yustinus Semium, OFM. Maka pada tanggal 17 Desember 1992 pekerjaan rehabilitasi Gereja dimulai dengan penyelidikan tanah oleh PT. Trireka Selaras Mandiri. Dengan melalui perjuangan sangat berat maka pada tanggal 24 dan 25 Desember 1996 dan Malam Tahun Baru 1997 Gereja Baru Santo Yakobus – Megamendung dapat dipakai untuk pertama kali, sekalipun belum selesai seluruhnya. Dan baru benar-benar selesai dikerjakan pada tanggal 12 Maret 1998. Pada tanggal 9 Agustus 1998 Panitia Pembangunan Gereja Santo Yakobus – Megamendung menyerahkan gedung Gereja dan Pastoran baru kepada Bapak Uskup Bogor, yang saat itu diwakili oleh Vikjen Keuskupan Bogor. Secara fisik, Gereja Santo Yakobus – Megamendung dapat menampung 500 orang dalam suatu Perayaan Ekaristi. Fasilitas lain yang dimiliki Gereja ini adalah Goa Maria yang dapat dipergunakan untuk Ziarah, Pastoran, Kantor dan ruang perpustakaan, aula Pastoran, dapur, dan besemen. Namun, masih ada pula yang belum selesai dibangun, diantaranya sarana jalan yang sekaligus penyelesaian landscape untuk parkir, rumah koster bentuk kopel, sarana sumur dan penampungan air, serta pagar halaman.
Dengan selesainya sebagian besar bangunan kompleks yang bertata lingkungan cukup baik, maka Gereja Megamendung diharapkan mempu berkembang sebaga Gereja Wisata, Gereja umat tetap maupun Gereja transit. Gereja Wisata dan transit mengandung harapan terpenuhinya kebutuhan umat untuk beribadah, berziarah, rekoleksi, penataran, maupun retret pribadi, sejauh hal itu mampu terlayani oleh Gereja Paroki Magamendung. Inilah salah satu harapan dan kebanggaan masa depan Paroki Megamendung.

Jadwal Misa :

Misa Harian
Selasa – Kamis Pukul 06.00 WIB

Jumat Pertama : Pukul 18.30 WIB
di Aula Paroki

Minggu : Pukul 09.00 WIB (Minggu Pertama ada Adorasi)

Kamis Minggu Ketiga : Pkl. 18.30 di Taman Doa Adem Ayem

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on TumblrDigg thisEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *