​Ada suasana yang berbeda yang terjadi di Paroki St. Matias Cinere, tanggal 09-10 Februari 2015. Letak perbedaan itu ialah kehadiran para Frater TOP dan Pastoral, yang berjumlah 13 Frater serta 2 Diakon. Frater TOP ialah Frater Tahun Orientasi Pastoral yang terdiri atas 7 Frater dan Frater tahun Pastoral yang terdiri atas 4 Frater. Selain itu hadir pula RD. Jatmiko, selaku Rektor Seminari Tinggi Petrus-Paulus serta RD. Untung sebagai staf Seminari Tinggi Petrus-Paulus, Bandung. Tujuan kedatangan mereka ialah untuk mengadakan pertemuan rutin 3 bulan sekali untuk membahas dan mendiskusikan refleksi setiap Frater. IMG_1482

Para Romo, Diakon dan Frater disambut secara hangat oleh Romo Paroki yaitu RD. Paulus Haruna dan Romo rekan, RD Joko, yang bertugas di Paroki St. Matias Cinere. Kehangatan itu bertambah ketika para OMK ikut menyambut dengan cara mengajak bermain futsal bersama. Tujuan dari perjumpaan yang hangat ialah mengajak para OMK untuk mengenal kehidupan para calon kaum selibat dan selibat. Kegiatan ini menegaskan bahwa para calon imam dan imam tidak kehilangan identitas mereka sebagai anak muda yang senang berolahraga sehingga ada keseimbangan antara rohani dan duniawi.

Setelah acara futsal, para Frater, Diakon dan Romo memulai diskusi yang dipimpin oleh RD. Jatmiko dan RD. Untung. Diskusi ini berupaya menguatkan dan mengingat kembali semangat dan motivasi para calon imam untuk tetap fokus dan setia pada panggilan sebagai calon Imam. Tantangan tugas pelayanan yang terkadang membawa rasa suka dan duka adalah bagian dari dinamika untuk kedewasaan dan kematangan para calon imam. Diskusi dimulai pukul 20.00-21.30 WIB lalu ditutup doa completarium.

​Pukul 05.30 WIB, para calon imam dan para Imam mengikuti misa harian bersama umat. Para calon Imam bangga melihat antusiasme umat untuk misa harian di Paroki ini. Dingin yang menusuk karena hujan tidak mengurangi niat mereka untuk menghadiri misa harian. Bagi para calon imam dan para imam, situasi ini menguatkan panggilan mereka. Pukul 08.00 WIB, para calon Imam dan Imam berdiskusi. Ada yang berbeda dalam diskusi ini karena setelah diskusi bersama-sama selama 30 menit, para frater TOP dan Pastoral serta Diakon dipisah. Para Frater TOP berdiskusi bersama RD. Untung dan RD. Jarmiko bersama para Frater Pastoral dan Diakon. Diskusi ini dikategorikan berdasarkan kebutuhan para Frater yang berbeda. Selesai diskusi, para calon Imam dan Imam rekreasi bersama dengan umat yang hadir di Paroki ini lalu ditutup dengan makan siang serta foto bersama dengan Wakil Ketua Dewan Pastoral Paroki, RGM. Soegiharto.

Daftar Nama Frater TOP (Tahun Orientasi Pastoral)

1. Fr. Nanang (St. Thomas – Kelapa Dua)

2. Fr. Dion (St. Matias – Cinere)

3. Fr. Segu (St. Andreas – Sukaraja)

4. Fr. Aries (Seminari Menengah Stella Maris – Bogor)

5. Fr. Arie (St. Markus – Depok II Timur)

6. Fr. Yanto (St. Matheus – Depok II Tengah)

7. Fr. Pera (St. Herkulanus – Depok)

 

Daftar Nama Frater Tahun Pastoral

1. Fr. Heribertus (St. Maria Tak Bernoda – Rangkasbitung)

2. Fr. Alfonsus S. (Kristus Raja – Serang)

3. Fr. Berto (Maria Bunda Segala Bangsa- Kota Wisata)

 

Daftar Nama Diakon

1. Diakon Marsel (Grafika Mardi Yuana – Bogor)

2. Diakon Bonifasius (St. Yoseph – Sukabumi)

(Joned & Segu : komsos)

Editor : RDHJ

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on TumblrDigg thisEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *