IMG_6927Keuskupan : Pada tanggal 1-3 April, Komisi Komunikasi Sosial Regio Jawa mengadakan pertemuan persaudaraan di Baturaden, Purwokerto. Pertemuan ini menjadi pertemuan perdana dan Keuskupan Purwokerto yang bertindak sebagai tuan rumah mengemas kegiatan ini dengan cara ‘home stay’ di desa wisata, Baturaden. Perwakilan dari tiap keuskupan sudah dibawa oleh panitia sejak sore hari di lokasi ‘home stay’, dimana peserta diacak tempat tinggalnya di perkampungan penduduk.

IMG_6872Malam hari setelah peserta makan malam di tempat tinggal masing-masing, kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan budaya setempat di pendopo balai desa. Sambil bercengkrama antara peserta yang satu dengan yang lain, pengisi acara menghibur dengan musik dan tarian lokal. Suasana semakin ramai ketika peserta disuguhi permainan sepak bola api. Penduduk sekitar yang sejak awal acara menyaksikan dari kejauhan, semakin mendekat mengelilingi arena permainan sepak bola api. Setelah acara pengenalan budaya, para peserta kembali ke rumah masing-masing untuk beristirahat.

IMG_6880Hari sabtu, 2 April kegiatan bersama dimulai pukul 08.00. Peserta dibawa ke “curug telu” yang merupakan salah satu destinasi wisata anadalan di tempat ini. Peserta diajak sejenak melupakan rutinitas harian mereka dengan disuguhi acara “back to nature” hingga pukul 15.30. Setelah istirahat hingga pukul 19.30, peserta kembali berkumpul di balai desa. Kegiatan diisi dengan ‘sharing’ karya di masing-masing keuskupan, evaluasi, dan kemungkinan kerjasama Komisi Komsos Regio Jawa.

IMG_6928Hari ketiga kegiatan diisi dengan ekaristi bersama di Oasis Sungai Kerit, sebuah pertapaan awam di Baturaden. Ekaristi dipimpin oleh Romo Maxi dan didampingi Romo Teguh (Ketua Komisi Komsos Keuskupan Purwokerto). Setelah ekaristi dan menikmati suasana pertapaan, peserta kembali ke rumah masing-masing untuk berkemas. Sebelum kembali ke keuskupan masing-masing, peserta kembali ke balai desa untuk berpamitan dan menyerahkan catatan evaluasi dari pihak ‘desa wisata’. (RD. Joned)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on TumblrDigg thisEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *