Temu Sekretaris Paroki Se-Keuskupan Bogor

Bogor – keuskupanbogor.org : RD Yustinus Monang Damanik (Sekretaris Keuskupan Bogor) mengundang para pelayan sekretariat paroki untuk hadir di Gedung Puspas (Minggu, 10/02/2019). Sejumlah sekretaris pun hadir mewakili parokinya masing-masing dengan usia yang beragam : ada yang masih muda seperti Mas Anton, sekretaris dari Paroki Herkulanus dan ada juga yang sudah sangat senior Bapak Blasius dari Paroki Santo Matias Cinere. Sekretaris paroki merupakan ujung tombak dalam pelayanan administrasi paroki serta menjadi fasilitator umat dengan imamnya.

Romo Monang (kemeja putih) dan Pak Melling (berdiri) dalam Temu Sekretaris Sekeuskupan Bogor di Puspas (Minggu,10/02/2019). (Foto : Nong)

Pertemuan yang dimulai Pkl. 10.00 sampai dengan Pkl. 12.30 ini diisi dengan pembekalan terkait database paroki dan keuskupan yang disebut dengan  SIFORMAT (Sistem Informasi Umat) yang dijelaskan oleh Melling Situmorang selaku MSI Developer. Ia merasa senang dengan paroki-paroki yang aktif berkomunikasi dengannya terkait dengan SIFORMAT ini dan dengan senang pula ia akan menjelaskannya. Dalam tahun 2019 ini, Tim MSI memiliki program untuk menambahkan informasi database umat terkait dengan Sakramen Inisiasi (Baptis, Komuni Pertama dan Penguatan). Data-data ini tentunya akan terlaksana melalui sinergitas yang baik antara Tim MSI dengan para sekretaris paroki.

Romo Monang mengajak para sekretaris paroki juga untuk senantiasa memeriksa “buku besar” paroki. “Nanti kalau suatu ketika, Bapa Uskup berkunjung ke Paroki, mohon agar sekretaris meminta Bapa Uskup memberikan tanda tangan pada “buku besar” paroki. Paling tidak dalam satu tahun pasti Bapa Uskup berkunjung ke paroki-paroki”, jelasnya.  Acara pertemuan para sekretaris paroki ini ditutup dengan makan siang bersama.

Penulis : RD David

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.