Tiga Momentum Warnai Pesan Natal 2018 dari Mgr Paskalis Bruno Syukur

Bogor – Keuskupanbogor.org : Saudara-saudariku umat Keuskupan Bogor yang saya kasihi dalam Kristus. Selamat merayakan Natal dan memasuki tahun baru 2019.

Para uskup yang menggemabalakan Keuskupan Bogor. (Desain: Hari)

1) HUT Keuskupan Bogor ke-70

Tahun 2018 ini merupakan tahun yang istimewa bagi Keuskupan Bogor. Di tahun ini, Keuskupan Bogor mencapai usianya yang ke-70. Kita patut berbangga dan bersukacita, karena dalam 70 tahun ini Gereja Keuskupan Bogor telah banyak bertumbuh, baik dari segi jumlah maupun keimanan. Sebagai Gereja yang mengakar di tatar Sunda, kita terbiasa hidup berdampingan dengan sesama kita yang berbeda latar belakang dan keyakinan. Setelah 70 tahun, kini saatnya kita menantang diri kita sendiri, supaya kita lebih berani menjadi pewarta kasih-Nya di dunia

Gua Natal sederhana yang menghiasi ruang tamu Pusat Pastoral Keuskupan Bogor. (Foto : RD David)

2) Pesan Natal 2018: “Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita”

Hal ini juga disampaikan dalam pesan utama Natal tahun ini, yakni “Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita.” Kristus datang ke dunia menjadi hikmat bagi kita; Ia menunjukkan hikmat-Nya melalui pewartaan Injil dan belas kasih tak terbatas. Di tengah kondisi masyarakat kita yang rentan diserang oleh isu-isu intoleransi, pelanggaran HAM, dan eksploitasi alam berlebihan, hendaknya kita semakin berani untuk menjadi penyuara kedamaian. Melalui tutur kata dan aksi nyata, kita tanggapi undangan keselamatan dari Allah dengan meneladan Ia yang telah membawa penebusan bagi kita.

Terlibatlah dalam dialog dan pelayanan yang membawa sukacita dan damai. Rayakanlah kemanusiaan. Jadilah duta keadilan tak hanya bagi sesama manusia, namun juga bagi lingkungan hidup. Dengan demikian, kita sungguh hidup di dalam hikmat Allah dan menjadi refleksi dari kasih-Nya yang membarui bumi.

Mgr Paskalis dalam pembekalan tim pelaksana Sinode II Keuskupan Bogor. (Foto : Johnsis)

3) Menyongsong Sinode II Keuskupan Bogor

Tahun 2019 pun akan menjadi tahun yang tidak kalah istimewanya. Di tahun 2019, kita akan melaksanakan perjalanan bersama dalam Sinode II Keuskupan Bogor. Bersama-sama, kita akan merefleksikan, mengevaluasi, dan membaharui reksa pastoral kita, supaya kehadiran kita sebagai Gereja yang dialogal dan misioner dapat terus diwujudkan.

Akhirnya, sekali lagi saya ucapkan selamat Natal. Yesus, Sang Imanuel, sungguh lahir di tengah kita dan menyatakan hikmat-Nya. Semoga hikmat-Nya terus menginspirasi kita untuk mewujudkan sukacita bagi sesama dan alam semesta di tahun yang baru ini.

Berkat Tuhan menyertai, dan damai-Nya selalu bersama kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.