IMG_0623Bogor – Keuskupan : Ulang tahun adalah momentum peringatan bertambahnya usia seseorang atau suatu komunitas yang biasanya dirayakan dengan pesta atau perayaan khusus. Namun diusianya yang ke-8, Pastoral Counseling Center (PCC) Keuskupan Bogor memilih pesta yang tidak biasa yaitu dengan penaburan 600 benih ikan di Paroki Santo Johanes Baptista Parung, Kamis (31/3). “Hari ini PCC yang telah dilahirkan 8 tahun silam ingin merayakan hari jadinya dengan cara menanggapi ajakan Paus Fransiskus untuk bersahabat dengan alam. Kita sudah banyak mengambil dari alam maka sekarang saatnya kita memberi,” kata Mgr. Paskalis Bruno Syukur dalam Misa Ulang Tahun PCC.

IMG_0647Misa Syukur dimulai pukul 10.00 WIB, puluhan alumni PCC angkatan 1 sampai 7 pun berdatangan. Dalam Misa, Bapa Uskup juga mendoakan almarhum Pastor Alfons Sebatu sebagai pendiri dari PCC yang telah menghadap Tuhan 3 tahun silam. “Saya amat berterimakasih kepada Romo Alfons yang telah mencoba untuk merumuskan suatu bentuk pelayanan dan ungkapan imannya melalui PCC ini,” tutur Monsinyur.

Ia juga mengungkapkan bahwa PCC adalah bentuk kegembalaan personal yang mempunyai tugas penting untuk membimbing dan mendampingi umat melalui konseling. Membuat orang berpikir bahwa dalam dirinya masih ada hal positif yang diberikan oleh Allah. “Membangkitkan harapan orang lain agar dapat terlepas dari keputusasaan adalah tugas mulia,” ungkap Bapa Uskup.

Mengakhiri homilinya Bapa Uskup menguatkan para alumni dan pengurus PCC untuk terus berkarya di Keuskupan Bogor. “PCC harus terus eksis di keuskupan ini. Orang mau menanggapi negatif atau positif bukan soal, mau menggembalakan sedikit atau banyak domba juga bukanlah soal. Proficiat long life PCC!,” tukas Monsinyur Paskalis.

IMG_0636Setelah perayaan ekaristi selesai, acara dilanjutkan dengan penebaran 600 benih ikan yang terdiri dari ikan gurame, nila, mujaer, dan tambakang. Indrawati selaku pengurus PCC juga menyatakan kesiapan PCC untuk terus berkarya untuk umat di Keuskupan Bogor. “Saat ini kami sudah mempunyai kantor untuk pelayanan di Katedral dan St. Fransiskus Sukasari. Setelah PCC angkatan ke-7 selesai, kami pun akan membuka kantor pelayanan di Cinere, Kota Wisata, dan Semplak untuk memaksimalkan pelayanan PCC,” Jelas Indrawati. Ia juga mengajak seluruh umat untuk ikut bergabung ke dalam PCC angkatan ke-8 yang akan dimulai pada bulan September 2016 mendatang.

Aloisius Johnsis

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on TumblrDigg thisEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *