Bogor-Keuskupan : Sabtu (22/07/2017) merupakan hari yang istimewa bagi Kursus Pendidikan Kitab Suci “Santo Yohanes Penginjil ”Keuskupan Bogor (KPKS SYP). Bertempat di Aula SMA Regina Pacis-Bogor, KPKS SYP menyelanggarakan tiga acara istimewa: Wisuda Siswa-siswi Angkatan X, pelantikan Pengurus KPKS SYP periode 2017/2020, penyambutan siswa-siswi Angkatan XII yang dilanjutkan dengan Kuliah Umum yang diberikan oleh Uskup Bogor,  Mgr. Paskalis Bruno Syukur.

Mengusung tema: “Mari, ikutlah Aku dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.” (Mrk. 1:17), acara sore itu diawali dengan Perayaan Ekaristi yang dipersembahkan oleh Mgr. Paskalis Bruno Syukur, diiringi oleh PaduanS uara dari panitia yang merupakan siswa-siswi KPKS SYP Angkatan XI. Ketika homili, Bapa Uskup mengajak seluruh umat yang hadir untuk selalu optimis dan tidak ragu dalam mewartakan kabar baik, baikd alam kata-kata maupun tindakan sehari-hari. Hendaknya, kabar baik tersebut benar-benar sesuai dengan apa yang diinginkan olehY esus. Untuk mengetahui apa yang diinginkan olehYesus, salah satu caranya dengan membaca Kitab Suci. Di akhir homili,  Bapa Uskup mengingatkan kepada parasiswa-siswi KPKS SYP untuk lebih mau mewartakan kabar sukacita dan menularkan rasa cinta untuk membaca Kitab Suci kepada orang lain, khususnya keluarga.

Sebelum berkat penutup sebanyak 42 orang siswa dan siswi KPKS SYP angkatan X diberikan ijazah dan sertifikat sebagai tanda kelulusan, serta mengucapkan janji di hadapan Bapa Uskup untuk mau selalu menjadi pewarta kabar sukacita. Ijazah Diploma diberikan kepada siswa-siswi yang telah mengikuti KPKS SYP sampai selesai dan mengikuti Retret Perutusan, sementara sertifikat diberikan bagi mereka yang telah mengikuti KPKS.

Setelah Perayaan Ekaristi berakhir, acara dilanjutkan dengan sambutan oleh G. Wisnu selaku Ketua Panitia, dan pembacaan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Pengurus KPKS SYP Periode 2014/2017 oleh D.S.Priyarsono. Penandatanganan LPJ dan penyerahan kunci lemari arsip KPKS SYP menjadi tanda kepada pengurus baru, yang terdiri dari siswa-siswi Angkatan X, untuk melanjutkan dan mengembangkan KPKS SYP Keuskupan Bogor.

Berikutnya adalah acara penyambutan siswa-siswi Angkatan XII yang berjumlah 82 orang peserta. Pada angkatan ini, peserta termuda berusia 20 tahun, peserta tertua berusia 76 tahun dan peserta terjauhi dari RangkasBitung. Para pengurus serta siswa-siswi KPKS SYP Angkatan XI berharap agar peserta Angkatan XII ini tetap semangat mengikuti KPKS hingga selesai.

KPKS SYP sendiri diselenggarakan oleh Komisi Kerasulan Kitab Suc iKeuskupan Bogor sejak tahun2006 dengan tujuan membantu umat mendalami Kitab Suci, khususnya dengan mempersiapkan tenaga-tenaga awam terlibat dalam karya pelayanan Sabda.

Kurikulum KPKS terdiri atas empat semester, dengan tiap semester terdiri atas 4 (empat) mata ajaran. Perkuliahan diadakan di SMA Regina Pacis, Jl. Ir. H. Juanda 2, Bogor, setiap Senin pukul 17:00-19:45 dan Sabtu pukul 15:00-17:45. Keempat semester tersebut lazimnya diselesaikan dalam dua tahun. Jadwal perkuliahan dan lamanya waktu perkuliahan merupakan alasan yang selalu digunakan oleh beberapa umat di Keuskupan Bogor untuk menolak ajakan mengikuti KPKS.

Selamat atas kelulusan siswa-siswi Angkatan X dan selamat bergabung siswa-siswi Angkatan XII KPKS SYP. Semoga siswa-siswi KPKS SYP Keuskupan Bogor menjadi contoh nyata bagi umat Katolik di Keuskupan Bogor untuk semakin mencintai Kitab Suci dan ikut serta secara aktif dalam mewartakan kabar baik yang merupakan firman Allah. ( Cornelia W. )

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on TumblrDigg thisEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *