Berkati Ruang Adorasi, Mgr Paskalis Lantik Tiga Frater Sebagai Lektor Akolit

Bogor – keuskupanbogor : Bersamaan dengan pemberkatan Ruang Adorasi “Pastor Bonus”, Mgr Paskalis melantik lektor akolit kepada tiga frater Keuskupan Bogor (senin, 14/9). Mereka adalah Frater Galih Pradana, Frater Rio Chandra dan Frater Peter Ardi.

Lektor dan Akolit adalah pelayan Liturgi. Lektor adalah pelayan Sabda sedangkan Akolit adalah pelayan altar. Kanon 1035 menuliskan sebuah hukum gerejawi yang mengatur agar sebelum seorang calon imam menerima tahbisan diakon ia menerima pelantikan Lektor-Akolit terlebih dahulu.

Tiga frater yang akan dilantik sebagai Lektor dan Akolit di Ruang Adorasi di Seminari Menengah Stella Maris, Kahuripan. Foto : Romo Ridwan

Pelantikan Lektor – Akolit biasanya diberikan kepada para calon imam yang dalam masa pendidikannya telah menyelesaikan tugas akademiknya di strata S-1. Sebelum frater ini memasuki masa Tahun Orientasi Pastoral maka frater ini terlebih dahulu dipersiapkan agar layak menerima pelantikan Lektor Akolit.

Dalam Perayaan Ekaristi pelantikan Lektor Akolit kepada ketiga frater ini, Mgr Paskalis didampingi oleh Romo Jeremias Uskono (Rektor Seminari Menengah Stella Maris) dan Romo Nikasius Djatmiko (Rektor Seminari Tinggi St Petrus Paulus).

“Ketiga frater ini akan menjadi rekan seperjalanan kita”, tutur Mgr Paskalis. Ia mengingatkan agar para frater ini menjalankan tugasnya dengan sepenuh hati. “Salib adalah tanda kekuatan bagi kita”, ungkap Bapa Uskup mengajak kita semua berbuat kebaikan.

Dalam Misa pelantikan Lektor Akolit yang disiarkan pula secara streaming pada kanal You Tube Stella Maris (https://www.youtube.com/watch?v=RZImMXV3ojk), Bapa Uskup Mgr Paskalis memberkati Ruang Adorasi “Pastor Bonus”.

Selamat atas kepada ketiga frater yang hari ini dilantik menjadi lektor akolit dan selamat pula atas pemberkatan sarana doa Ruang Adorasi “Pastor Bonus”.

(RD David)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: