PHDI 2020: Sederhana Namun Penuh Makna

Bogor – keuskupanbogor.org: Setiap tahun, tanggal 3 Desember didedikasikan sebagai Peringatan Hari Disabilitas Internasional (PHDI). Pada tahun-tahun sebelumnya, PHDI dirayakan Keuskupan Bogor melalui Misa dan acara yang diselenggarakan oleh KOMPAK Disabilitas, dan ramai diikuti oleh para umat berkebutuhan khusus (UBK) dari Keuskupan Bogor maupun Keuskupan Agung Jakarta. Namun pada tahun 2020 di mana pandemi masih menjadi situasi yang harus kita hadapi bersama, PHDI pun dilaksanakan secara berbeda.

UBK saling berbagi cerita dengan RD Endro.

PHDI Keuskupan Bogor tahun ini dirayakan secara sederhana dan dengan jumlah peserta yang terbatas. Tujuan dari acara PHDI tahun ini adalah untuk mempertegas bahwa UBK pun memiliki tempat yang setara dengan umat pada umumnya, menghargai keberadaan mereka, dan mengupayakan kebersamaan yang lebih kuat sebagai satu keluarga Gerejawi.

Lima imam Keuskupan Bogor turut serta dalam PHDI 2020 ini. Mereka adalah RD Mikail Endro Susanto, RD Yosep Sirilus Natet, RD Dionnysius Manopo, RD Yohanes Anggi Witono Hadi, dan RD Fransiskus Joko Umbara. UBK yang hadir dari kekhususan Daksa 1 orang, Netra 5 orang, serta Tuli 14 orang. Protokol kesehatan seperti menggunakan masker sepanjang acara (peserta hanya melepas masker sesaat untuk foto bersama) dan mencuci tangan sesering mungkin tetap dilakukan dengan ketat. Meski sederhana, acara ini dipenuhi keakraban dan kehangatan.

Acara berlangsung di Kopi Tugoh Signature Bogor pada 5 Desember 2020 dari jam 12.00 – 14.00 WIB. PHDI ini diawali dengan doa, dilanjutkan dengan perkenalan antara para UBK dengan para imam, lalu makan siang bersama. Setelah makan siang, para UBK dibagi ke dalam beberapa kelompok. Dalam kelompok-kelompok ini, para UBK dan para imam saling berbincang, berbagi cerita, dan memberi peneguhan. Acara pun diakhiri dengan foto bersama. (Isabella Jany)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.